Partai Golkar dan Gerindra Mendominasi di Sumatra Selatan, Ini Perolehan Kursi DPR Yang Diperolehnya!

Partai Golkar dan Gerindra Mendominasi di Sumatra Selatan, Ini Perolehan Kursi DPR Yang Diperolehnya!

Partai Golkar dan Gerindra Mendominasi di Sumatra Selatan, Ini Perolehan Kursi DPR Yang Diperolehnya!--

PAGARALAMPOS.COM - Partai politik telah menyelesaikan babak penting dalam Pemilihan Legislatif DPR RI di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dengan penetapan hasil oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari dua daerah pemilihan (dapil) di Sumsel, Partai Golkar dan Gerindra muncul sebagai pemenang utama dengan masing-masing memenangkan tiga kursi DPR.

Meninjau hasil pemilu dari Dapil Sumsel I, Partai Golkar berhasil meraih dua kursi DPR, sementara Partai Nasdem, Gerindra, PDIP, PKB, PKS, dan Demokrat masing-masing memperoleh satu kursi.

Raihan suara terbesar di dapil ini adalah milik Partai Golkar dengan 470.829 suara, diikuti oleh Partai Nasdem dengan 427.494 suara.

BACA JUGA:Tips Tidak Malas Menunggu Waktu Berbuka, Salahsatunya Mengunjungi Destinasi Wisata di Bukit Tinggi

Sementara itu, di Dapil Sumsel II, Partai Gerindra menempati posisi puncak dengan perolehan suara terbanyak, disusul oleh Partai Nasdem dan Partai Golkar.

Dalam dapil ini, Gerindra dan Nasdem memperoleh dua kursi DPR, sedangkan Golkar, Demokrat, PDIP, PKB, PAN, dan PKS masing-masing mendapatkan satu kursi.

Pencapaian Golkar dalam meraih kursi DPR di Sumsel juga mencatatkan beberapa catatan penting.

Salah satunya adalah kemenangan Kahar Muzakir, seorang caleg yang telah menjabat selama empat periode sebagai anggota DPR.

BACA JUGA:Ngabuburit Asik di Kota Padang, Sembari Menanti Berkah Ramadhan

Sementara itu, Nasdem berhasil meraih kursi dengan pencalonan Irma Suryani Chaniago, yang juga merupakan anggota DPR petahana.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa penentuan kursi DPR menggunakan metode Sainte Lague, yang merupakan rumus resmi yang diatur dalam UU Pemilu.

Meskipun Partai Golkar dan Gerindra berhasil mendominasi perolehan kursi di Sumsel, PDIP juga muncul sebagai pesaing serius dengan memenangkan dua kursi dari dua dapil yang berbeda.

Sementara itu, Partai politik lainnya seperti PKB, PKS, Demokrat, PAN, dan partai lainnya juga berhasil memperoleh kursi, menunjukkan keragaman politik yang signifikan di Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: