Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan

Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan

Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan -Foto: net-

Pada bagian dadanya akan menggunakan lapisan lain yang terbuat dari bahan beludru merah dengan bentuk seperti Samir pada pakaian wisuda mahasiswa.

Pada bagian tersebut juga banyak diletakkan berbagai macam aksesoris keemasan dengan menggunakan kalung emas seperti tanding kerbau.

BACA JUGA:Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan

BACA JUGA:Perjalanan Sejarah Berdirinya Kesultanan Demak di Pulau Jawa, Masuknya Pengaruh Islam

Pada bagian kepala menggunakan mahkota yang disebut dengan “Singal”. Singal tersebut dilengkapi dengan konde-konde emas.

3. Pakaian Adat Aesan Gede 

Aesan Gede merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang melambangkan tentang pakaian kebesaran. Dimana dulunya digunakan sebagai pakaian kerajaan Sriwijaya yang juga sebagai lambang akan keagungan kerajaan dan juga filosofi swarnadwipa atau pulau emas pada provinsi ini.

Pakaian Aesan Gede mempunyai warna merah jambu dengan perpaduan sulaman berwarna keemasan. Dimana pakaian ini juga tampak terlihat sangat mewah apalagi jika ditambahkan dengan berbagai macam tambahan aksesoris m

Aksesoris tersebut bisa berupa mahkota, bungo cempako, kelapo standan, kembang goyang, baju Dodot dak juga songket dengan motif napan perak.

BACA JUGA:Hebat! Sumsel Berhasil Tekan Inflasi Saat Ramadan dan Idul Fitri

BACA JUGA:Tara Emas, Misteri dan Sejarah Artefak Berharga Yang Berhasil Ditemukan

4. Pakaian Adat Empat Lawang

Empat Lawang merupakan pakaian adat yang berasal dari kabupaten Empat Lawang tepatnya berbatasan langsung dengan daerah Rejang Lebong Bengkulu.

Dimana baju Adat empat Lawang merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang mempunyai motif bunga dengan hub dan juga songketnya yang cukup unik.

Baju adat empat lawang ini mempunyai warna merah dan dilapisi dengan menggunakan aksesoris pendukung lainnya yang berasal dari kuningan dan tampak seperti ditaburi lapisan emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: