Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan

Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan

Identitas Daerah! Inilah 5 Jenis Pakaian Adat Khas Sumatera Selatan yang Miliki Makna dan Filosopi Kebudayaan -Foto: net-

1. Pakaian Adat Banyuasin

Baju adat Banyuasin merupakan pakaian adat Sumatera Selatan ya h sering digunakan oleh para pengantin pada saat upacara pernikahan.

Dimana baju adat ini mempunyai warna yang cukup berbeda dari pakaian adat lainnya dimana cenderung didominasi oleh warna yang cerah.

Sementara untuk baju adat banyuasin mempunyai warna yang lebih gelap atau hitam dengan perpaduan kuning keemasan.

BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi

BACA JUGA:Ternyata Begini Sejarah dan Identitas Kebudayaan Suku Karo, Kamu Harus Tau!

2. Pakaian Adat Besemah

Besemah merupakan pakaian adat yang berasal dari kota Pagar Alam yakni salah satu kota yang berada di Sumatera Selatan. Dimana baju Basemah merupakan baju adat kota pagar alam yang biasanya digunakan pada saat ada acara pernikahan secara adat oleh para warga.

Baju adat besemah biasanya akan memadukan berbagai macam unsur pakaian dan juga aksesoris tambahan yang berguna untuk mempercantik dan juga memperindah tampilannya. Dimana pakaian adat ini juga menandakan sebagai sebuah keagungan dan juga kemakmuran.

Bagi para kaum pria akan menggunakan songket yang dipakai seperti sarung dan juga memakai pakaian pengantin yang terbuat dari bahan beludru merah.

Dimana pakaian besemah bagi kaum pria juga akan dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris berupa manik-manik seperti uang logam yang berwarna emas.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 7 Tempat Wisata di Palembang Terbaru yang Lagi Hits, Cek Yuk

BACA JUGA:Keajaiban 11 Sejarah Indonesia! Mengungkap Kuil, Misteri, dan Warisan Budaya

Untuk bagian kepalanya akan menggunakan seperti mahkota yang terbuat dari bahan beludru merah dan tambahan aksesoris seperti pakaian yang dikenakan, yakni berupa manik-manik seperti uang logam berwarna emas dengan kalung berupa tanduk kerbau yang juga berwarna emas.

Sementara untuk baju yang digunakan oleh para kaum perempuan akan menggunakan pakaian dari bahan beludru merah, tetapi aksesoris yang digunakan jauh lebih banyak daripada kaum pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: