Seperti di Film Action, Begini Aksi Fast Roping dari Helikopter Airbus H225M Caracal TNI AU

Seperti di Film Action, Begini Aksi Fast Roping dari Helikopter Airbus H225M Caracal TNI AU

Foto : Aksi Fast Raping.-Seperti di Film Action, Begini Aksi Fast Roping dari Helikopter Airbus H225M Caracal TNI AU-Indomiliter.com

Penggunaan fast roping system memerlukan pelatihan yang intensif dan keterampilan khusus dari personel yang terlibat.

Mereka harus mampu menurunkan diri dengan cepat dan aman, serta dapat bereaksi dengan cepat terhadap situasi darurat atau ancaman potensial.

BACA JUGA:PT DI Kirim Unit Kelima NC-212i Rain Maker Untuk TNI AU, Dilengkapi Propeller Baru dari Jerman

Fast roping system memiliki risiko, terutama ketika personel menurunkan diri dari ketinggian yang tinggi atau dalam kondisi cuaca buruk.

Oleh karena itu, keselamatan personel adalah prioritas utama dalam penggunaan teknik ini, dan penggunaan fast roping biasanya diatur dengan ketat sesuai dengan prosedur keselamatan yang ketat.

Terdapat standar khusus yang mengatur penggunaan fast roping system di helikopter, termasuk spesifikasi untuk jenis tali yang digunakan. Amerika Serikat menggunakan standar MIL-STD-1791A.

BACA JUGA:Menhan Prabowo Serahkan 8 Unit Helikopter H225M, TNI AU Kini Punya 14 Unit Caracal

Tali yang digunakan dalam fast roping system harus memiliki kekuatan, ketahanan, dan keandalan yang tinggi untuk menahan berat personel yang turun.

Dan faktor beban dinamis yang mungkin terjadi selama proses penurunan. Tali yang biasanya digunakan sering kali terbuat dari bahan sintetis seperti nylon yang diperkuat.

Panjang dan diameter tali yang digunakan dalam fast roping system akan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi dari helikopter dan misi yang dilakukan.

Panjang tali biasanya dipilih untuk memastikan personel dapat turun dengan aman dari ketinggian yang diperlukan, sementara diameter tali dipilih berdasarkan kekuatan dan keandalan yang dibutuhkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: