Armada Laut Utara Cina Unjuk Kekuatan, Uji Peluncuran Rudal Jelajah Anti Kapal Pesisir YJ-62

Armada Laut Utara Cina Unjuk Kekuatan, Uji Peluncuran Rudal Jelajah Anti Kapal Pesisir YJ-62

PAGARALAMPOS.COM - Bicara tentang rudal jelajah anti kapal yang diluncurkan dari pesisir atau rudal pertahanan pantai – coastal naval defence missile system, maka militer Cina termasuk yang punya banyak varian.

Selain CM-302 (YJ-12E) yang dilirik oleh Indonesia, ada lagi varian yang disebut YJ-62. Berbeda dengan YJ-12 yang melesat di level supersonik, maka YJ-62 melesat di level high subsonick.

Dan belum lama ini ada kabar bahwa Northern Theater Navy (Armada Laut Utara) Cina yang berbasis di Laut Kuning melakukan uji peluncuraan YJ-62 dalam sebuah latihan.

Dikutip eurasiantimes.com (27/1/2024), latihan tersebut diadakan di Haiyang, sebuah kota pesisir di tenggara Semenanjung Shandong oleh Brigade Pertahanan Pesisir ke-333 dari Northern Theater Navy.

BACA JUGA:Frigat Van Speijk Class Diklaim Paling ‘Feasible’, Begini Penampakannya

China Central Television (CCTV), stasiun televisi milik pemerintah telah merilis rekaman video dari latihan tersebut.

Uji coba YJ-62 memperlihatkan pengerahan empat transporter-erector-launcher (TEL) Wanshan WS2400 8×8—masing-masing dengan tiga peluncur YJ-62 ASCM (Anti Ship Cruise Missile) —dan kendaraan pos komando baterai 8×8.


Foto : Jankauan rudal Yj-62-Armada Laut Utara Cina Unjuk Kekuatan, Uji Peluncuran Rudal Jelajah Anti Kapal Pesisir YJ-62-Indomiliter.com

Rudal YJ-62 sebelumnya pernah menjadi berita utama pada tahun 2016, yakni ketika Cina dilaporkan menempatkan YJ-62 ASCM di Woody Island di Laut Cina Selatan yang diperebutkan.

Pada saat itu, laporan mencatat bahwa penggelaran rudal akan memungkinkan militer Cina untuk menyerang kapal permukaan mana pun hingga jarak 400 kilometer.

BACA JUGA:Pindad Kenalkan EV-Scooter, Motor Listrik Diprpduksk masaa,

YJ-62 dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) dan mulai beroperasi pada tahun 2004 dan pertama kali dipasang pada kapal perusak Type 052C (Lanzhou class) dengan lambung 170.

YJ-62 bukan ASCM terbaik di arsenal persenjataan Cina, mengingat Cina telah memproduksi beberapa rudal anti kapal yang tak kalah memmatikan, seperti rudal anti kapal hipersonik YJ-21.

Meski begitu, YJ-62 memiliki sejumlah keunggulan, YJ-62 dikenal sebagai “Attack Eagle” Yingji-62, merupakan rudal jelajah anti-kapal jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: