Duo Korea Saling Hujan Artileri, Self Propelled Howitzer K9 Thunder Unjuk Gigi

Duo Korea Saling Hujan Artileri, Self Propelled Howitzer K9 Thunder Unjuk Gigi

Pada tanggal 6 Januari, sehari setelah latihan serupa, Korea Utara kembali menggelar latihan artileri di dekat perbatasan laut yang diperebutkan dengan Korea Selatan, seperti yang dilaporkan oleh para pejabat di Seoul.

BACA JUGA:Bikin Korut Iri, Korea Selatan Tawarkan Kapal Selam KSS-III Batch II Ke Polandia

Rangkaian latihan berturut-turut yang diprakarsai oleh Korea Utara ini menguatkan klaim yang dibuat oleh Kim Jong Un, yang menyerukan peningkatan upaya menuju kesiapan perang, dengan AS sebagai musuhnya.

K9 Thunder dengan munisi HE (high explosive) dapat melontarkan proyektil hingga 30 km. Sementara dengan P-ICM base bleed, jangkauan tembak mencapai 38 km.

Bahkan dengan munisi BB+RAP extended range, jarak lintasan bisa mencapai jarak 56 km. Melihat kondisi yang berkonfrontasi dengan Korut, mengharuskan K9 untuk mempunyai daya jangkauan tembak yang maksimal.

BACA JUGA:AS dan Sekutunya Dibikin Ciut, KORUT Pamerkan HAEIL Torpedo Raksasa Bertenaga Nuklir Mirip Poseidon Rusia

Laras K9 Thunder dapat diarahkan secara vertikal hingga 70 derajat dan diturunkan sampai -2,5 derajat. Laras dapat diputar 360 derajat bersama kubahnya.

K9 Thunder dirancang dapat membawa 48 butir munisi howitzer 155 mm dan propelannya. Apabila kendaraan kehabisan peluru, sudah ada wahana K10 Ammunition Resupply Vehicle (ARV) untuk mengisi amunisi.

K10 tidak dilengkapi meriam, sebagai gantinya ada bekal ‘belalai’ yang bertugas mengantarkan peluru yang akan diisi ke K9. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: