Bikin Korut Iri, Korea Selatan Tawarkan Kapal Selam KSS-III Batch II Ke Polandia

Bikin Korut Iri, Korea Selatan Tawarkan Kapal Selam KSS-III Batch II Ke Polandia

PAGARALAMPOS.COM - Bagi Korea Selatan, Polandia adalah kunci untuk meraih sukses dalam pemasaran alutsista di pasar Eropa. Setelah pada tahun 2022 sukses meraih kontrak pengadaan beragam alutsista senilai lebih dari US$14,5 miliar dari Polandia.

Negeri Ginseng kian percaya diri untuk menawarkan jenis alutsista lain yang belum pernah dilakukan untuk pasar eropa, yakni kapal selam diesel listrik dengan teknologi Air Independent Propulsion (AIP).

Jelas bukan perkara mudah bagi negara Asia untuk masuk ke pasar kapal selam di Eropa, pasalnya untuk segmen kapal selam diesel listrik di Eropa.

Sudah ada negara-negara besar yang kampiun di produksi kapal selam, seperti Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol.

BACA JUGA:Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara, Dorong UMKM Naik Kelas

Tapi tidak ada yang tak mungkin bagi Korea Selatan, setelah mampu menjual 180 unit Main Battle Tank (MBT) K2 Black Panther.


Foto : Prototipe kapal selam.-Bikin Korut Iri, Korea Selatan Tawarkan Kapal Selam KSS-III Batch II Ke Polandia-Indomiliter.com

48 unit jet tempur ringan FA-50 Fighting Eagle dan 670 unit Self Tracked Propelled Howitzer K9 Thunder ke Polandia, maka bukan mustahil Polandia kepincut kapal selam produksi Negeri K-pop.

Dari laman navalnews.com (19/9/2023), pada pamera pertahanan MSPO 2023 di Kielce, Polandia. Hanwha Ocean, bagian dari Hanwha Group.

Untuk pertama kalinya memamerkan di Eropa model kapal selam KSS-III (Dosan Ahn Chang-ho class atau Jang Bogo III class) dalam versi terbaru Batch II.

BACA JUGA:Beri Dukungan Moril Prajurit, Pangdam Tanjung Pura Masuk Zona Merah di Papua Tengah

Tampilan mockup KSS-III di MSPO 2023 merupakan tanggapan Hanwha atas proposal program Orka, yakni program pengadaan kapal selam masa depan untuk Angakatan Laut Polandia.

KSS-III sejatinya bukan pertama kali ini ditawarkan Korea Selatan ke luar negeri. Sebelumnya, KSS-III Dosan Ahn Changho class sempat ditawarkan ke Australia.

KSS-III disebut juga sebagai Dosan Ahn Changho Class diproduksi Hanwha Ocean (d/h Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering). Kapal selam ini punya panjang 83,5 meter, lebar 9,6 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: