Duo Korea Saling Hujan Artileri, Self Propelled Howitzer K9 Thunder Unjuk Gigi

Duo Korea Saling Hujan Artileri, Self Propelled Howitzer K9 Thunder Unjuk Gigi

PAGARALAMPOS.COM - Meski bukan bertajuk promosi alutsista, namun insiden penembakkan 200 proyektil artileri oleh Korea Utara ke dua pulau di Korea Selatan pada 5 Januari 2024, telah menampilkan debut salah satu alutsista terlaris Korea Selatan.

Buntut dari hujan artileri Korea Utara, direspon Korea Selatan dengan melakukan tembakan ‘balasan’ dengan penembakkan 400 proyetil artileri ke wilayah Korea Utara.

Dan dalam rekaman video pendek yang beredar, nampak penembakkan balasan oleh militer Korea Selatan dilakukan oleh self propelled howitzer (SPH) tracked K9 Thunder.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh Kantor Berita Yonhap, Staf Umum Korea Selatan melaporkan bahwa artileri Korea Utara melepaskan lebih dari 200 proyektil di dekat pantai barat Semenanjung Korea pada tanggal 5 Januari.

BACA JUGA:STIK Polri Terima Kunjungan Korean National Police University, Ternyata Kerja Sama Ini Yang Dibahas

Serangan ini terjadi sangat dekat dengan Pulau Yeonpyeong, yang terletak di sepanjang NLL (Northern Limit Line).


Foto : Tembakan arteleri mengarah pulau.-Duo Korea Saling Hujan Artileri, Self Propelled Howitzer K9 Thunder Unjuk Gigi-Indomiliter.com

Penduduk pulau tersebut menerima perintah evakuasi segera setelah kejadian ini, dan militer Korea Selatan memasuki kondisi siaga tinggi.

NLL berfungsi sebagai divisi maritim antara kedua negara, yang terus-menerus berada dalam konflik.

Garis yang disengketakan ini bermula dari kesepakatan yang dicapai pada tahun 2018 antara Seoul dan Pyongyang.

BACA JUGA:Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Dengan Roket Falcon 9, Kabarnya Kosel Mau Saingi Korut

Tujuan dari pakta ini adalah untuk mengurangi ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

Lebih lanjut, media Korea Selatan kemudian mengungkapkan bahwa Seoul membalas tindakan agresif Korea Utara dengan menembakkan 400 proyektil artileri.

Senjata penting dari rekaman video yang diambil adalah K9 Thunder dari sebuah dual-entry shelters yang sedang melakukan penembakkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: