Sistem Hanud Pantsir SM-SV Tuntas Uji Coba, Dipasangi Jangkauan Radar Lebih Jauh

Sistem Hanud Pantsir SM-SV Tuntas Uji Coba, Dipasangi Jangkauan Radar Lebih Jauh

PAGARALAMPOS.COM - Di atas kertas, sistem hanud Pantsir yang memadukan (hybrid) kanon penangkis serangan udara, rudal hanud, berikut elemen radar dalam platform mobile.

Sangat menarik dalam penggelaran. Namun, ada sejumlah tantangan yang mendera Pantsir, mulai dari sistem pendeteksi, jenis amunisi yang digunakan sampai platform kendaraan yang digunakan.

Berangkat dari sejumlah tantangan di atas, Rostec, kelompok perusahaan pertahanan milik pemerintah Rusia, pada 3 Januari 2024 mengumumkan pengujian versi baru dari sistem hanud Pantsir, yang disebut Pantsir SM-SV. 

Berbeda dengan Pantsir S-1 yang dipasang pada platform truk 8×8, maka Pantsir SM-SV dipasang pada pada platform kendaraan roda rantai.

BACA JUGA:Kapal Induk Type 003 Fujian Uji Tembakan, Siap Memulai Pelayaran Perdana

Rostec dalam channel Telegram menyebut Pantsir SM-SV adalah versi modern dari sistem pertahanan udara “Pantsir-S”.


Foto : Radar yang dipasang di ranpur.-Sistem Hanud Pantsir SM-SV Tuntas Uji Coba, Dipasangi Jangkauan Radar Lebih Jauh-Humas Polri

Dan telah menyelesaikan uji modernisasinya. Versi lanjutan dari “Pantsir-S” ini mewakili perkembangan signifikan dalam teknologi pertahanan udara Rusia.

Dirancang untuk melindungi pasukan darat selama operasi tempur dan pergerakan, Pantsir SM-SV dengan platform roda rantai memberikan peningkatan kemampuan manuver dalam berbagai kondisi.

Seperti salju dan medan off-road yang berat. Fitur ini memungkinkannya untuk selalu melindungi sistem pertahanan udara lainnya yang sedang bergerak secara efektif.

BACA JUGA:Pengamanan Natal dan Tahun Baru Berjalan Baik dan Sukses

Persenjataan Pantsir SM-SV telah mendapatkan peningkatan, mencakup rudal berpemandu berkecepatan tinggi dengan jangkauan hingga 40 kilometer dan rudal mini low cost yang dirancang untuk menghancurkan drone.

 Perluasan persenjataan ini meningkatkan kemampuan Pantsir untuk melawan berbagai ancaman udara, termasuk drone kamikaze, rudal jelajah, bom pintar, serta pesawat konvesional dan helikopter.

Sistem radar Pantsir-SM-SV juga telah ditingkatkan dengan jangkauan deteksi 75 km dari sebelumnya 36 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: