Yastreb-AV Weapon Locating Radar Terbaru Rusia Kena Sengat HIMARS

Yastreb-AV Weapon Locating Radar Terbaru Rusia Kena Sengat HIMARS

Foto : Uastreb AV kendaraan tempur.-Yastreb-AV Weapon Locating Radar Terbaru Rusia Kena Sengat HIMARS-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Weapon Locating Radar (WLR) sejatinya difungsikan untuk mengetahui arah dan koordinat datangnya serangan dari roket atau artileri lawan. Sehingga nantinya bisa dilakukan tembakan balasan oleh sistem artileri dengan akurasi tinggi.

Namun di awal tahun ini, militer Rusia mendapat kabar kurang sedap, yakni 1K148 “Yastreb-AV” weapon locating radar (fire finder) yang baru saja ditempatkan Rusia di Ukraina, justru berhasil dihancurkan oleh serangan roket M142 HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) di wilayah Kherson.

Menurut media lokal, pasukan Ukraina mendeteksi Yastreb-AV dan menyampaikan koordinatnya ke unit artileri.

Hal ini menyebabkan serangan tepat dilakukan dengan HIMARS, yang secara efektif menetralisir ancaman yang ditimbulkan oleh sistem radar Rusia.

BACA JUGA:Rumor, Hanud Ukraina Tembak Jatuh Pembom Strategis Tu-22M3 Backfire di Wilayah Rusia

Laporan dari Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan bahwa sistem mutakhir ini baru saja dikerahkan ke unit artileri yang ditempatkan di wilayah Ukraina.


Foto : Alutsista kendaraan tempur.-Yastreb-AV Weapon Locating Radar Terbaru Rusia Kena Sengat HIMARS-Indomiliter.com

Diperkenalkan ke publik pada pameran pertahanan Army 2022, spesifikasi 1K148 “Yastreb-AV,” masih dirahasiakan. Integrasi sistem ini ke dalam Angkatan Bersenjata Rusia dimulai baru-baru ini.

Dipasang pada sasis rantis BAZ-6910, 1K148 “Yastreb-AV” memiliki stasiun antena di platform belakangnya, dilengkapi dengan area jangkauan yang cukup besar, menandai tambahan baru pada kemampuan pengintaian artileri militer Rusia.

Weapon Locating Radar adalah jenis radar yang dirancang khusus untuk mendeteksi dan mengidentifikasi posisi sumber tembakan senjata, seperti artileri, mortir, atau peluncur roket.

BACA JUGA:Dobrak Pasar Eropa, Rumania Jadi Pengguna Rudal Hanud Chiron, Setelah Korsel dan Indonesia

Tujuannya adalah memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada pasukan militer untuk mengatasi ancaman dari tembakan musuh.

Weapon Locating Radar memancarkan gelombang elektromagnetik ke wilayah yang mungkin menjadi sumber tembakan senjata musuh.

Ketika gelombang elektromagnetik memantul dari objek di wilayah target, radar menerima sinyal kembali atau echo dari objek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: