Gunung Pdang, Temuan Koin dan Artefak Kuno Tak Hanya Memukau Ada Kehidupan Sosial dan Peradaban Purba?

Gunung Pdang, Temuan Koin dan Artefak Kuno Tak Hanya Memukau Ada Kehidupan Sosial dan Peradaban Purba?

Gunung Pdang, Temuan Koin dan Artefak Kuno Tak Hanya Memukau Ada Kehidupan Sosial dan Peradaban Purba?--Net

PAGARALAMPOS.COM - Di situs Gunung Padang, ditemukan koin logam yang merupakan bukti kehidupan sosial di masa lampau.

Dalam situs ini, koin logam yang ditemukan berasal dari berbagai zaman, mulai dari zaman Hindu Buddha hingga zaman kolonial Belanda.

Pada masa lalu, masyarakat di situs Gunung Padang telah memperlihatkan pengetahuan mereka dalam sistem perdagangan dan memiliki kehidupan sosial yang terstruktur melalui koin logam ini.

Situs Gunung Padang Kabupaten Cianjur Jawa barat disebut-sebut sebagai situs tertua di dunia. Benarkah?

BACA JUGA:Menggali Misteri Gunung Padang, Penemuan Koin dan Artefak Kuno yang Memukau

Lalu, harta karun atau benda purba apa saja yang ditemukan di Situs Gunung Padang? Apakah ditemukan juga fosil binatang dan manusia purba?

Lalu, bencana apakah yang membuat masyarakat di zaman tersebut meninggal dunia sehingga Situs Gunung Padang seperti terbengkalai. 

Pertanyaan-pertanyaan itu sangat wajar sebagai bentuk rasa penasaran dari riset yang dilakukan para arkeolog dalam mengungkap usia dan perabadan manusia kaitannya dengan pembangunan Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat.

Sejauh ini pada situs Gunung Padang, Jawa Barat, Indonesia belum ada informasi pasti mengenai suku atau peradaban yang tepat yang terkait dengan penemuan koin dan artefak kuno.

BACA JUGA:Ini 4 Merk Aki Motor Terbaik di Indonesia Idaman Pembeli Cerdas, Cek Merk Nya Disini!

Penelitian di situs Gunung Padang masih berlangsung, dan para ahli arkeologi sedang mencoba untuk memahami lebih lanjut tentang asal-usul dan sejarah suku atau peradaban yang terkait dengan situs ini.

Namun, berdasarkan penelitian awal, situs Gunung Padang diyakini telah dihuni oleh masyarakat yang berasal dari berbagai periode waktu dan budaya yang berbeda.

Penemuan artefak dan struktur di situs ini menunjukkan adanya pengaruh dari zaman megalitikum (Zaman Batu Besar) dan periode kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Dengan demikian, belum dapat dipastikan secara spesifik suku atau peradaban mana yang tepatnya terkait dengan penemuan koin dan artefak kuno di Gunung Padang.

BACA JUGA:Sangat Mempesona! Inilah 7 Tempat di Jambi yang Jadi Magnet Wisatawan

Penelitian lebih lanjut dan analisis mendalam diperlukan untuk memberikan jawaban yang lebih pasti terkait dengan identitas suku atau peradaban tersebut.

Penemuan koin dan artefak kuno di kawasan Gunung Padang mengungkap sejarah ribuan tahun sebelum Masehi.

Sebuah tim peneliti nasional di kawasan Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat berhasil menemukan koin logam kuno yang menarik minat para peneliti dari seluruh dunia.

Penemuan seperti ini di kawasan Gunung Padang menunjukkan potensi arkeologi yang sangat besar, dan setiap penemuan artefak kuno selalu menjadi kontroversi di kalangan peneliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: