Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual

Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagar Alam terus melakukan pengendalian lingkungan melalui program sanitasi.

Tahun ini, sasaran program sanitasi adalah menyiapkan akses pendudukan berupa prasarana dan sarana sanitasi.

Yang pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya serta kemiskinan. 

"Ya tahun ini, program sanitasi kita tujukan di 10 kelurahan yang ada di Pagar Alam, salahsatunya dengan pembangunan tangki septic skala individual," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Davlies Jhoni melalui Kabid Cipta Karya Indra ST, kepada pagaralampos.com, Selasa (10/10/2023).

BACA JUGA:Dua Kali Kunjungan Pak Gub, Renovasi Alun Alun Utara Berkelanjutan

Dia menyebutkan, jika sanitasi adalah suatu cara pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh faktor lingkungan fisik manusia. 


Foto : Tangki septic.-Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual-pagaralampos.com

Yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap lingkungan kehidupan manusia secara fisik dan atau juga secara mental.

Mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki pemerintah, baik pusat maupun daerah, diperlukan upaya-upaya terobosan yang bersifat mengubah paradigma dalam pengembangan sanitasi lingkungan.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Pagar Alam melakukan kegiatan atau program terhadap pengembangan sanitasi lingkungan yang baik bagi masyarakat.

BACA JUGA:Before After Bangunan Kantor Lurah Sukorejo

Salah satu nya dengan program pembangunan tangki septik skala individual.

"Tujuannya, untuk mengatasi persoalan sanitasi salahsatu pengendalian limbah cair rumah tangga dengan pembuatan tangki septic skala individual," imbuh Indra.

Lanjut dia, sanitasi yang Buruk dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Diantaranya penyakit infeksi pada balita serta diare dan kecacingan yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: