Warga Terbantu Pemasangan Tangki Septic Individual, Pengelolaan Sanitasi Lebih Sehat

Warga Terbantu Pemasangan Tangki Septic Individual, Pengelolaan Sanitasi Lebih Sehat

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagar Alam terus memprogramkan pembangunan.

Tidak hanya fokus pembangunan infrastruktur fisik semisal jalan, dreanase, jembatan. Juga infrastruktur dasar bagi masyarakat. Salahsatunya, melalui program sanitasi.

Yang tak tanggung melalui program ini 10 kelurahan di Kota Pagar Alam disalurkan bantuan tangki septic skala individual.

Dan program ini, antusias direspon masyarakat Pagar Alam. Lantaran, masih adanya rumah tangga yang belum mengoptimakan pengelolaan limbah rumah tangga. Dari aktifitas MCK sehari hari.

BACA JUGA:Atasi Persoalan Sanitasi, 10 Kelurahan di Pagar Alam Dibangun Tangki Septic Skala Individual

Seperti yang diutarakan Arjo, warga Keluraha  Selibar Kecamatan Pagar Alam Utara ini sangat berterima kasih ataus bantuan sarana tangki septic individual.


Foto : Pemasangan tanki septic di Kelurahan Selibar.-Warga Terbantu Pemasangan Tangki Septic Individual, Pengelolaan Sanitasi Lebih Sehat-pagaralampos.com

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan tanki septic dari Dinas PUPR yang telah memprogramkan bantuan sanitasi ini, sehingga pengelolaan limbah rumah tangga (MCK, red) bisa lebuh sehat karena ada tangki seftic disetiap rumah warga," katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Davlies Jhoni melalui Kabid Cipta Karya Indra ST, kepada pagaralampos.com, mengatakan, jika bantuan tangki septic beserta sarana pendukungnya telah berjalan.

BACA JUGA:Dukung Pam Nataru, PUPR Perbaiki Kerusakan Jalan Wisata Kebun Teh

"Tahun ini, sasaran program sanitasi adalah menyiapkan akses pendudukan berupa prasarana dan sarana sanitasi di 10 kelurahan," katanya, Rabu (15/11/2023).

Yang pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya serta kemiskinan. 

Dia menyebutkan, jika sanitasi adalah suatu cara pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh faktor lingkungan fisik manusia. 

Yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap lingkungan kehidupan manusia secara fisik dan atau juga secara mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: