Apa Maknanya Kawin Batu di Gunung Batu Tilu? Tradisi Unik di Dataran Tinggi Majalengka yang Bikin Merinding!

Apa Maknanya Kawin Batu di Gunung Batu Tilu? Tradisi Unik di Dataran Tinggi Majalengka yang Bikin Merinding!

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Batu Tilu di Dataran Tinggi Majalengka adalah tempat yang tidak hanya menakjubkan dari segi alam, tetapi juga menjadi rumah bagi tradisi unik yang menarik perhatian banyak orang. 

Di tengah keindahan alam yang megah dan suasana yang mistis, terdapat sebuah tradisi yang dikenal sebagai "Kawin Batu." 

Apakah yang sebenarnya terjadi di balik tradisi ini? Apa maknanya yang menyentuh hati dan mengundang sensasi merinding? 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tradisi kawin batu di Gunung Batu Tilu, mengungkap rahasia dan keunikannya yang telah menarik perhatian banyak orang selama bertahun-tahun. 

BACA JUGA:Emang Enak Begituan Dengan Ibu Sendiri? Mengupas Tradisi Unik yang Terus Berlanjut di Suku Polahi

Tradisi ini berlangsung setiap bulan Desember dan menjadi sorotan utama di kalender budaya setempat.

Festival Budaya Kawin Batu ini adalah salah satu upacara kesenian yang bertujuan mempererat silaturahmi dan persatuan antarwarga sekitar. 

Bahkan lebih menarik lagi, acara ini juga memiliki dimensi konservasi lingkungan. Di bawah koordinasi dari Komunitas Kirik Nguyuh dan bekerja sama dengan warga desa Girimukti, tradisi ini telah menarik perhatian masyarakat di luar kota.

Peristiwa ini diadakan di atas panggung yang berdiri di atas batu-batu yang disusun rapi. 

BACA JUGA:Tradisi Pernikahan Suku Ini, Sangat Unik, Masa Iya Malam-Nya Harus Begini...

Di sebelahnya, ada sebuah meja kayu yang didekorasi dengan jajaran bambu yang dibalut kain putih yang menjadi pelaminan bagi "mempelai batu." Setiap peserta festival membawa sebongkah batu dari wilayah mereka sendiri dan menempatkannya di atas pelaminan.

Selama prosesi perkawinan batu berlangsung, sebuah tarian khusus yang dipersembahkan oleh Sanggar Ghulam menandai sahnya perkawinan batu-batu tersebut, menciptakan sebuah "keluarga batu" yang unik.

Baron Formosa, panitia pelaksana acara ini, menjelaskan, "Festival kawin batu merupakan ajakan agar warga kembali rukun."

Namun, ada lebih dari sekadar keceriaan dan perayaan dalam tradisi ini. Tradisi Kawin Batu adalah warisan budaya yang mengandung pesan-pesan moral yang diwariskan kepada generasi berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: