Mengungkap Rahasia Gunung padang! Perdaban Purba Indonesia yang Punya Nilai Sejarah Tinggi

Mengungkap Rahasia Gunung padang! Perdaban Purba Indonesia yang Punya Nilai Sejarah Tinggi

Mengungkap Rahasia Gunung padang! Perdaban Purba Indonesia yang Punya Nilai Sejarah Tinggi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Cagar Peninggalan Gunung Padang merupakan kawasan megalitik yang tersusun dari bebatuan berbentuk kolom membentuk 5 teras seluas 3 hektar di atas bukit.

Batuan ini diperkirakan terbentuk secara spontan melalui  pendinginan magma panas, kemudian memadat menjadi batuan dengan celah atau celah berbentuk segi delapan, pentagonal, segi empat, dan trigonal.

Namun, manusia telah memanfaatkan tumpukan alam tersebut untuk membangun struktur batu unik, yang oleh para arkeolog dikenal sebagai "punden tangga".

Keunikan situs megalitik Gunung Padang  menarik perhatian para peneliti dan arkeolog sehingga menimbulkan rasa penasaran yang besar.

BACA JUGA:Penemuan Ajaib di Gunung Padang, Artefak Menguak Peradaban Kuno Indonesia

Salahsatu faktanya, susunan kolom balok batu situs yang ada dipuncak bukit ini benar benar unik.

Tahukah kamu, jika balok balok batu sengaja disusun, ya bisa! Namun, tahu kamu, jika ribuan balok batu tersebut bukan sengaja dipahat. 

Para pakar menilai balok batu tersebut alami terbentuk secara alam. Tidak dibuat manusia, melainkan hasil proses geologis.Proses pembentukanya, ketika aliran magma membeku, seperti terbentuknya retakan-retakan poligonal ketika lumpur mengering.

Di pelataran undak pertama, pemandangan menakjubkan terhampar dari seluruh konstruksi situs yang disusun dari kolom-kolom batu berdimensi kebanyakan segi lima, dengan permukaannya yang halus.

BACA JUGA:Mirip Meglitikum Gunung Padang, Situs di Seberia Ini Apakah Lebih Kuno?

Batu-batu itu dipasang melintang sebagai tangga dari kaki bukit sampai pintu masuk situs. Di puncak bukit, pada pelataran pertama, pintu gerbangnya diapit kolom batu berdiri.

Proses pembentukan asal muasal balok batu situs Gunung Pasang dinilai juga mirip dengan yang ada pesisir pantai Irlandia, SITUS TANGGA SEGI ENAM RAKSASA, tepatnya di Giant Causeway.

Balok segi enam tersebut semuanya terjadi saat proses pendinginan lava menjadi batuan beku yang umumnya berjenis batu andesit.

Gunung Padang sendiri diperkirakan terbentuk dari hasil pembekuan magma, sisa gunung api purba era Pleistosen Awal, 21 juta tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: