Berikan Aksi Perubahan, KWT Dempo Karya Berseri Produksi 2 Ton Pupuk Kompos

Berikan Aksi Perubahan, KWT Dempo Karya Berseri Produksi 2 Ton Pupuk Kompos

Berikan Aksi Perubahan, KWT Dempo Karya Berseri Produksi 2 Ton Pupuk Kompos - Foto: Foto/Pagaralam Pos/PRODUKSI: Saat Lurah Pagar Wangi Nyayu Salmah S Si mengawasi Kelompok Wanita Tani Dempo Karya Berseri saat membuat pupuk kompos. Jum'at, 4 Agustus 2023.--Pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Aksi Perubahan yang dilakukan oleh Lurah Pagar Wangi membuahkan hasil positif. Kini, Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Dempo Karya telah memproduksi sendiri pupuk kompos hasil binaan dari tenaga penyuluh.

Aksi tersebut dilakukan guna mendongkrak ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Aksi itu juga berpijak dari Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan H Herman Deru.

Sebelumnya, KWT di Dusun Dempo Karya, RT 03/RW 01 Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara telah dibentuk sebanyak 2 kelompok.

Lurah Pagar Wangi Nyayu Salmah S Si menuturkan berjalannya kegiatan positif ini tentunya setelah melalui proses panjang. Mulai dari pembentukan kelompok, arahan, penyusunan rencana, pemberian materi, hingga akhirnya KWT Dempo Karya mampu memproduksi sendiri pupuk Kompos.

 

Saat Lurah Pagar Wangi memberikan arahan kepada KWT Dempo Karya Berseri 

 

BACA JUGA:Berikan Data yang Valid, Lurah Rebah Tinggi Pantau Pelaksanaan FKP Regsosek

"pembuatan pupuk kompos ini merupakan salah satu kegiatan dari KWT Dempo Karya,"ungkap Nyayu saat dibincangi Pagaralampos.com. Jum'at, 4 Agustus 2023 pagi.

Dikatakannya, pembuatan pupuk kompos ini bermula saat para anggota kelompok yang mendapati tanaman yang siap panen tapi pertumbuhannya tidak maksimal, karena tidak menggunakan bahan kimia.

Untuk itu, kata Nyayu, satuan tugas/satgas pemanfaatan lahan pekarangan yakni Dian Anom dan Ellen Yunia mempunyai ide untuk membuat pupuk dari bahan limbah organik yang ramah lingkungan. Maka terciptalah pumpuk kompos.

"Alhamdulillah, saat ini KWT Dempo Karya Berseri telah mendapatkan orderan pembuatan kelompok kompos sebanyak 2 ton,"tambah Nyayu.

BACA JUGA:Musim Kopi, Harga Sayuran di Pagar Alam Meroket

Kami (pihak kelurahan) juga para anggota KWT mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Pagar Alam yang telah mendukung dan mensupport berbagai kegiatan hingga dapat berjalan sejauh ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: