Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid -Foto: net-

Larangan olahraga saat menstruasi juga merupakan mitos yang kerap didengar oleh para wanita. Hal ini ternyata hanyalah mitos belaka.

4. Tidak boleh mengonsumsi minuman dingin saat menstruasi

Mitos seputar menstruasi selanjutnya adalah larangan mengonsumsi minuman dingin karena bisa membuat darah menstruasi membeku atau siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Faktanya, tidak ada kaitan antara mengonsumsi minuman dingin dengan kejadian darah menstruasi membeku atau siklus menstruasi yang tidak teratur karena pada dasarnya menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minuman berhubungan dengan sistem pencernaan.

BACA JUGA:Bikin Gigit Jari! Inilah 5 Tradisi Suami Istri Tak Masuk Akal di Indonesia!

Jadi, mengonsumsi minuman dingin tidak akan berpengaruh pada keterlambatan bahkan ketidakteraturan menstruasi seseorang.

Menstruasi yang datang terlambat maupun tidak teratur disebabkan oleh tiga hal, diantaranya karena adanya masalah pada dinding rahim, masalah hormonal dari indung telur, serta masalah psikologis, seperti stres.

5. Konsumsi minuman bersoda dapat melancarkan menstruasi

Terdapat sebuah mitos bahwa dengan mengonsumsi minuman bersoda, maka dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar. Faktanya, sebuah penelitian mematahkan mitos ini dan menunjukkan bahwa tidak ada keterkaitan antara minuman bersoda dengan kelancaran menstruasi.

BACA JUGA: Pemilu Capres 2024! Inilah Survei Untuk Ganjar-Prabowo-Anies Dari Anak Milenial BACA JUGA:Tahukah kamu? Menurut peneliti, kota Altantis yang hilang terletak di wilayah Gunung Padang Indonesia Loh

Penyebab menstruasi tidak lancar adalah karena hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang, perubahan berat badan, atau karena stres.

Selain itu, minuman bersoda juga mengandung gula dan kafein yang cukup tinggi. Konsumsi gula berlebih bisa membuat suasana hati saat menstruasi memburuk.

Kemudian, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan selama menstruasi, seperti diare dan perut kembung.

Dengan demikian, agar menstruasi menjadi lebih lancar bukan karena mengonsumsi minuman bersoda, melainkan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan perbanyak minum air putih.

6. Konsumsi mentimun membuat menstruasi berlangsung lebih lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: