Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Waspada! Berikut 5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Mengungkap mitos-mitos tentang haid, kita sering mendengar banyak mitos tentang haid yang beredar di masyarakat sejak zaman dahulu, dan banyak wanita yang masih mempercayai mitos-mitos tersebut.

Padahal, tidak semua informasi yang beredar tentang menstruasi bisa dibuktikan kebenarannya.

Menstruasi adalah proses biologis yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina akibat siklus menstruasi bulanan seorang wanita.

Kondisi ini normal dan terjadi secara alami setiap bulan karena organ reproduksi wanita mempersiapkan kehamilan bulanan.

Timbulnya haid diawali dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah, kemudian bila tidak terjadi kehamilan maka endometrium mengembang dan mengeluarkan darah melalui vagina. Haid pertama bisa terjadi cepat atau lambat.

BACA JUGA:Menemukan Rahasia Piramida Tertua dan Situs Megalitikum yang Membuat Dunia Terpesona

Namun, menstruasi pertama biasanya terjadi saat seorang wanita berusia antara 11 hingga 14 tahun, atau bahkan dapat terjadi pada usia 9 tahun dan paling lambat usia 15 tahun. 

Kondisi seperti itu dipengaruhi oleh faktor hormonal maupun kelenjar.

1. Tidak boleh keramas saat menstruasi

Mitos pertama seputar menstruasi adalah wanita dilarang keramas karena bisa menyebabkan sakit kepala dan menyumbat pembuluh darah sehingga berbahaya untuk kesehatan. Mitos ini tidaklah benar.

2. Tidak boleh berenang saat menstruasi

Mitos selanjutnya adalah larangan berenang karena dapat menghentikan siklus menstruasi dan dikhawatirkan darah yang keluar akan mencemari air kolam.

BACA JUGA:Dibalik Kejayaannya, Ternyata Sosok Wanita Agung inilah yang Berperan Penting di Kerajaan Majapahit

3. Tidak boleh berolahraga saat menstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: