Disegani Gajah Mada, Ternyata Begini Kisah Patih Kebo Iwa Yang Dijebak Oleh Majapahit, Simak Selengkapnya!

Disegani Gajah Mada, Ternyata Begini Kisah Patih Kebo Iwa Yang Dijebak Oleh Majapahit, Simak Selengkapnya!

Disegani Gajah Mada, Ternyata Begini Kisah Patih Kebo Iwa Yang Dijebak Oleh Majapahit, Simak Selengkapnya!-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Bali adalah salah satu daerah di nusantara yang sulit ditundukan Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan Patih Gajah Mada. 

Secara turun-temurun kerajaan-kerajaan di Bali ini diperintah oleh raja-raja keturunan Dinasti Warmadewa. 

Kerajaan Bali pada 1337 Masehi, dikenal dengan sebutan Kerajaan Bali Aga dengan pusat pemerintahan kerajaan ini konon terletak di Bedahulu.

Karena itu, Kerajaan Bali Aga sering kali disebut Kerajaan Bedahulu atau Bedulu. Penguasa terakhir Kerajaan Bali Aga bernama Sri Ratna Bumi Banten. 

BACA JUGA:Menguak Misteri 4 Makam Misterius di Puncak Gunung Salak, Ternyata Ini 4 Nama Makam Tersebut

Sang raja inilah yang menentang ekspansi Kerajaan Majapahit yang dipimpin Gajah Mada pada 1343.


--

Patih Kebo Iwa ini tinggal di Belahbatuh konon kesaktiannya menggentarkan nyali Mahapatih Gajah Mada. Dimana Gajah Mada takut berhadap langsung dengan Kebo Iwa. 

Masyarakat Bali tentu familiar dengan nama Kebo Iwa. Ia adalah panglima pasukan Kerajaan Bedahulu, Bali pada masa pemerintahan Sri Tapahulung atau Prabu Sri Astasura Ratna Bhumi Banten awal abad ke-14.

Dalam berbagai cerita rakyat, Kebo Iwa kerap digambarkan sebagai pemuda bertubuh tinggi besar yang menguasai seni berperang. 

BACA JUGA:Kecil-Kecil Cabe Rawit, Hingga Akhir Kejayaan Majapahit Pada Abad 16, Kerajaan Ini Tidak Bisa Ditaklukkan

Nama Kebo Iwa sendiri mengandung arti “paman kerbau” yang seolah mencerminkan perawakannya tersebut.

Bagi masyarakat Bali, Kebo Iwa merupakan tokoh yang mengorbankan dirinya dalam sebuah peristiwa kepahlawanan di balik bersatunya Kerajaan Bali dan Majapahit

Peristiwa itulah yang menjadi salah satu cikal-bakal persatuan Nusantara. Bagaimana kisahnya? Simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: