Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini

Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini

Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini -Foto: net-

Kandungan lainnya yang tak kalah penting adalah omega-3. Asam lemak ini terkandung di dalam ikan. Sebuah penelitian yang dirilis International Journal of Gynecology and Obstetrics, menyebutkan bahwa omega-3 dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Manfaat ini bisa membantu wanita haid mengurangi konsumsi obat antinyeri, seperti ibuprofen.

BACA JUGA:Normalkah Darah Haid Menggumpal? Yuk Simak 6 Penyebabnya Disini

Tak hanya itu, mood swing maupun gejala depresi yang dirasakan saat haid bisa disiasati pula dengan konsumsi asam lemak omega-3.

2. Dark Chocolate

Apabila kamu ngidam makanan manis saat haid, konsumsi dark chocolate (cokelat hitam) bisa jadi pilihan. Cokelat hitam kaya zat besi dan magnesium yang diperlukan saat menstruasi. 

Berdasarkan International Journal of Physiology, zat besi dan magnesium dalam cokelat hitam bisa membantu tubuh menghasilkan darah sehat yang cukup untuk mencegah anemia.

Dalam satu porsi cokelat hitam atau setara 1 ons terkandung 3,4 miligram (mg) zat besi. Jumlah ini bisa memenuhi 19 persen asupan zat besi harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa.

BACA JUGA:Ladies! Ini Nih 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

Peneliti menemukan nyeri pramenstruasi dan nyeri menstruasi berkurang setelah konsumsi dark chocolate.

3. Kacang dan Biji-bijian

Pola makan saat haid yang direkomendasikan bisa dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang mengandung omega-3 yang berkhasiat meredakan nyeri perut bawah saat menstruasi. 

Apabila tidak suka kacang, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk selai dan dicampurkan pada minuman, seperti smoothie.

Adapun biji-bijian yang bisa dimakan, seperti quinoa atau flaxseed. Jenis biji-bijian ini kaya akan zat besi, protein, dan magnesium. Keduanya juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tambahan energi saat haid.

BACA JUGA:Aman Gak Sih Konsumsi Paracetamol Saat Haid? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: