Ladies! Ini Nih 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

Ladies! Ini Nih 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

Ladies! Ini Nih 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, jadwal menstruasi wanita juga bisa terlambat. Ini tentu mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengatasinya, ada berbagai macam obat telat datang bulan yang bisa Anda coba. Umumnya, siklus menstruasi terjadi tiap 28 hari sekali.

Anda perlu waspada jika siklus terjadi lebih dari jangka waktu tersebut. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu cukup umum dialami oleh banyak orang.

Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan guna mengatasi telat haid, antara lain:

BACA JUGA:Ikuti 3 Tips Efektif ini untuk Redakan Nyeri Haid

1. Jalani Kebiasaan Tidur yang Sehat

Menurut studi berjudul Association of sleep duration and insomnia with menstrual symptoms among young women in Upper Egypt, insomnia atau kebiasaan begadang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga mengganggu siklus menstruasi. Karena itu, pastikan untuk menerapkan kebiasaan tidur yang baik. 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan menghindari tidur siang. Di samping itu, kamu juga perlu menghindari membaca atau menonton TV di tempat tidur, dan menghindari konsumsi kafein di sore hari. 

2. Mengonsumsi Nanas

Buah nanas merupakan salah satu makanan yang diduga kuat dapat mengatasi masalah menstruasi. Pasalnya, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang diklaim dapat melembutkan lapisan rahim sekaligus mengatur menstruasi. Kendati demikian, penelitian secara lebih mendalam masih dibutuhkan guna memastikan efektivitasnya.

BACA JUGA:Gimana Ya Cara Efektif untuk Percepat Haid? yuk Simak Disini

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kelebihan atau kekurangan berat badan sama-sama dapat memengaruhi hormon pada tubuh. Sebab, berat badan dapat memicu gangguan menstruasi dan berpotensi membuat menstruasi terasa lebih menyakitkan. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga berat badanmu tetap ideal, melalui beberapa cara. Misalnya dengan berolahraga rutin, memperbanyak asupan serat, dan tidur yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: