Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini

Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini

Jaga Pola Makanmu Saat Haid Dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat ini -Foto: net-

4. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka atau pir. Jenis buah ini sangat bagus untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi.

Kamu juga bisa makan buah bercita rasa manis, karena dapat mengurangi ngidam tanpa mengonsumsi banyak gula tambahan. Seperti diketahui, kebanyakan konsumsi gula tambahan saat haid justru dapat memperburuk mood swing.

5. Sayuran Hijau

Pola makan sehat saat haid berikutnya, yaitu mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang dimaksud, seperti bayam, brokoli, atau kale. Jenis sayuran ini dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

BACA JUGA:Tampil Kece Dengan 4 Gaya Rambut Pixie Hair Cut 2023

Hal ini diperlukan karena darah yang keluar selama menstruasi membuat wanita mengalami penurunan kadar zat besi, terutama jika aliran darah cukup deras. 

Apabila dibiarkan, kekurangan zat besi bisa memicu kelelahan dan pusing. Untuk menghindarinya, konsumsilah sayuran hijau kaya zat besi saat haid, ya!

6. Jahe dan Kunyit

Kamu bisa mengonsumsi jahe sebagai minuman hangat. Jahe bermanfaat mengurangi gejala nyeri sendi saat haid. 

Manfaat tersebut berasal dari kandungan zat antiperadangan di dalam jahe. Meski begitu, batas konsumsi minum jahe hanya boleh 4 gram per hari, ya.

Apabila kebanyakan, jahe dapat menimbulkan nyeri lambung.

Kunyit juga dipercaya dapat meredakan gejala haid. Berdasarkan riset yang dimuat jurnal Complementary Therapies in Medicine, kandungan zat analgesik kurkumin dalam kunyit bisa meredakan nyeri saat menstruasi berlangsung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: