Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina Sering Terasa Gatal Saat Haid?

Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina  Sering Terasa Gatal Saat Haid?

Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina Sering Terasa Gatal Saat Haid?-Foto: net-

Beberapa gejala yang ditimbulkan, antara lain depresi, mudah marah, nyeri otot, nyeri payudara, jerawat, dan rasa gatal pada vagina. Konsultasikan kepada dokter apabila gejala PMDD yang dirasakan terlalu parah.

4. Cyclic Vulvovaginitis 

Apabila vulva (bagian luar vagina) dan bagian dalam miss V kamu terasa terbakar tiap kali siklus menstruasi tiba, tandanya kamu mengalami cyclic vulvovaginitis. Ini adalah penyakit infeksi yang bisa jadi penyebab miss V gatal menjelang haid maupun selama menstruasi berlangsung. Rasa gatal juga bisa kian memburuk akibat aktivitas seksual.

BACA JUGA:Aman Gak Sih Konsumsi Paracetamol Saat Haid? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Vulvovaginitis siklik bisa disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans ataupun bakteri Lactobacillus. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat reaksi terhadap progesteron yang dihasilkan selama fase luteal (sel telur mulai bergerak ke tuba falopi) pada siklus menstruasi.

5. Infeksi Jamur

Vagina gatal saat menstruasi secara langsung juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini tumbuh akibat terganggunya keseimbangan pH vagina selama siklus haid berlangsung. 

Selain gatal, infeksi jamur menyebabkan vagina kemerahan dan mengalami keputihan dengan tekstur serupa keju cottage.

BACA JUGA:Minum Es Saat Haid Boleh Nggak? Yuk Cek Ini Penjelasanya

6. Vaginosis Bakterialis

Gejala vaginosis bakterialis hampir mirip dengan infeksi jamur. Bedanya, vaginosis bakterialis menimbulkan bau busuk dan amis seperti aroma ikan.

Selain itu, vaginosis bakterialis menyebabkan keputihan berwarna kuning kehijauan. Tentunya, sederet gejala tersebut disertai rasa gatal pada vagina.

Kondisi pertumbuhan bakteri berlebih pada vagina tersebut bisa menular lewat kebiasaan bergonta-ganti pasangan seksual maupun berbagi mainan seks.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: