Rekomendasi Peluang Bisnis Ramah Lingkungan, Ide Kreatif untuk Masa Depan Berkelanjutan

Rekomendasi Peluang Bisnis Ramah Lingkungan, Ide Kreatif untuk Masa Depan Berkelanjutan

Peluang Bisnis Ramah Lingkungan-Kolase by pagaralampos.com-Net

PAGARALAMPOS.COM - Tren bisnis ramah lingkungan semakin berkembang pesat di tengah kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan

Sekretaris Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Koko Haryono, mengungkapkan bahwa semakin banyak wirausaha yang beralih ke bisnis yang fokus pada pengurangan dampak lingkungan, termasuk penggunaan bahan ramah lingkungan dan pengurangan limbah. 

Di sisi lain, kendaraan listrik juga menjadi solusi utama dalam mengurangi polusi udara dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. 

Dengan proyeksi jumlah kendaraan listrik yang terus meningkat hingga 2030 dan seterusnya, peluang usaha dalam ekosistem kendaraan listrik, terutama produksi dalam negeri, semakin terbuka lebar.

BACA JUGA:Menggali Peluang Bisnis di Era Digital, Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

Menurut Koko Haryono, kehadiran kendaraan listrik akan menjadi solusi bersama dalam mengurangi polusi udara dan meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil yang semakin langka. 

Data dari International Renewable Energy Agency (IRENA) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan bahwa pada tahun 2030, jumlah kendaraan listrik diproyeksikan mencapai 20 juta unit, dan tren peningkatannya diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2050. 

Peluang ini tidak hanya terbuka bagi perusahaan besar, namun juga bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjadi bagian dari ekosistem bisnis dan rantai pasok produksi kendaraan listrik dalam negeri.

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan kendaraan listrik sebagai moda transportasi utama di masa depan. 

BACA JUGA:Bisnis Menjanjikan di Banyuwangi, 5 Peluang Usaha yang Punya Prospek Bagus dan Bisa Dapat Banyak Cuan

Subsidi yang diberikan untuk pembelian sepeda motor listrik roda dua menjadi salah satu langkah strategis dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di masyarakat. 

Bahkan, pada 29 November 2023, ditetapkan sebagai Hari Kendaraan Listrik Nasional, yang bertujuan untuk menyatukan berbagai pihak.

Termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat, dalam mendukung transisi energi dari bahan bakar fosil ke energi listrik untuk mengurangi emisi karbon.

Dengan adanya pergeseran menuju kendaraan listrik sebagai solusi transportasi utama, pelaku usaha, terutama UMKM, memiliki kesempatan besar untuk terlibat dalam industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: