Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina Sering Terasa Gatal Saat Haid?

Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina  Sering Terasa Gatal Saat Haid?

Ladies Kamu Harus Tau, Inilah 6 Penyebab Vagina Sering Terasa Gatal Saat Haid?-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Saat haid, Anda mungkin merasakan beberapa perubahan yang membuat area vagina mejadi tidak nyaman, salah satunya munculnya rasa gatal.

Vagina gatal saat sedang menstruasi bisa muncul karena perubahan hormon, alergi, hingga infeksi.

Kondisi ini biasanya bisa diobati sendiri di rumah. Namun pada beberapa kasus yang sangat mengganggu, rasa gatal baru hilang setelah dirawat dengan prosedur khusus oleh dokter.

Rasa gatal yang dialami wanita sebenarnya bisa terjadi sebelum, ketika, dan sesudah menstruasi. Penyebabnya mulai dari vaginosis bakterialis hingga premenstrual dysphoric disorder (PMDD), berikut penjelasannya: 

BACA JUGA:Normalkah Darah Haid Menggumpal? Yuk Simak 6 Penyebabnya Disini

1. Trikomoniasis

Penyebab selangkangan gatal saat haid berikutnya, yaitu trikomoniasis. Penyakit menular seksual akibat infeksi parasit Trichomonas vaginalis ini bisa menyebabkan rasa gatal yang teramat.

Biasanya gejala trikomoniasis muncul sekitar 5-28 hari setelah terinfeksi. Gatal bisa dirasakan saat menstruasi maupun sebelum haid.

2. Iritasi

Saat menstruasi berlangsung, vagina rentan mengalami iritasi. Peningkatan kadar kelembapan di area vagina, penggunaan celana dalam yang tidak sesuai, pemakaian pembalut, dan kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga bisa jadi penyebab iritasi.

Rasa gatal adalah salah satu gejala yang timbul akibat iritasi. Agar terhindar dari iritasi selama haid, lebih ekstra jaga kebersihan organ kewanitaan kamu, ya!

BACA JUGA:Kok bisa Haid Tidak Teratur Setelah Menikah, Yuk Simak 3 Penyebabnya Disini

3. Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) adalah sekelompok gejala mental dan fisik yang terjadi sekitar seminggu sebelum menstruasi hingga haid berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: