Ternyata Ini Dia 5 Suku di Papua Yang Punya Keunikan! Yuk Intip Penjelasan Lengkapnya!

Ternyata Ini Dia 5 Suku di Papua Yang Punya Keunikan! Yuk Intip Penjelasan Lengkapnya!

PAGARALAMPOS.COM – Papua sangat terkenal dengan wilayah yang mempunyai banyak suku. Namun, dari semua suku yang ada, terdapat 5 suku yang terkenal mempunyai keunikan tersendiri. Apa saja nama sukunya? Penasaran, yuk intip penjelasan lengkap tentang suku di papua yang unik dibawah ini!

1. Suku Muyu 

Salah satu suku di Papua yang mendiami daerah sekitar Sungai Muyu yang terletak di sebelah Timur Laut Merauke. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa Muyu.

Nama Mutu ini diperkirakan berasal dari kata “ok Mui” sebagai salah satu cara bagi masyarakat setempat untuk mengucapkan Sungai Mui.

BACA JUGA:Yuk Intip Keunikan 5 Suku Papua ini, No 3 Bikin Melongo Nih

Mereka biasanya menyampaikan kata tersebut ke orang Belanda. Mata pencaharian Suku Muyu ini biasanya adalah berburu, menangkap ikan, mengolah sagu, dan juga beternak abai ataupun anjing.

Suku yang satu ini mempunyai pemimpin tinggi yang merupakan ketua dalam kehidupan dan juga kepercayaan religiusnya. 

Di bawahnya, terdapat orang-orang yang berwibawa dan umumnya disebut dengan Tomkot, Keyepak, atau Bigman.

2. Suku Bauzi

BACA JUGA:Benarkah Suku Papua Terdapat Suku Kanibal? Cek Kebenarannya!

Suku yang satu ini termasuk salah satu dari 14 suku terasing yang ada di Papua. 

Dinyatakan begitu karena Suku Bauzi memang menempati wilayah terisolir, pakaian laki-laki hanya berupa cawat dari selembar daun ataupun kulit pohon yang dikeringkan dan kemudian diikat pada ujung kelamin.

Untuk para perempuan, mereka akan menggunakan selembar daun ataupun kulit kayu yang dikeringkan dan diikatkan di pinggang mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: