Ladies Kamu Harus Tau! Inilah 4 Fase Menstruasi yang Terjadi Pada Wanita

Ladies Kamu Harus Tau! Inilah 4 Fase Menstruasi yang Terjadi Pada Wanita

Ladies Kamu Harus Tau! Inilah 4 Fase Menstruasi yang Terjadi Pada Wanita-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Rentang siklus menstruasi wanita bisa berbeda-beda. Ada yang rutin haid setiap 21—35 hari sekali, tetapi ada pula yang lebih cepat atau lambat daripada itu.

Sepanjang siklus tersebut, ada proses yang terjadi secara bertahap di dalam rahim. Inilah yang kemudian disebut dengan fase menstruasi. Apa saja fase atau tahap dalam siklus menstruasi?

Begitu masuk fase pubertas, ada baiknya Genbest yang masih remaja putri diajarkan mengenai siklus menstruasi. Pengetahuan ini memang terkesan ilmiah dengan banyak bahasa medis, namun memiliki banyak manfaat. 

Salah satunya, Genbest akan makin memahami tubuh sendiri, mendapat bayangan mengapa mengalami menstruasi setiap bulan, dan bagaimana proses itu terjadi.

BACA JUGA:Kok bisa Haid Tidak Teratur Setelah Menikah, Yuk Simak 3 Penyebabnya Disini

Dengan mengenal 4 fase siklus menstruasi ini, Genbest juga akan mendapat gambaran sederhana bagaimana proses kehamilan bisa terjadi di saat fase ovulasi (masa subur). 

Fase menstruasi yang dibagi menjadi empat bagian. Berikut ulasannya: 

1. Fase Ovulasi

Pada fase ovulasi, sel telur dilepaskan dan siap untuk dibuahi. Sel telur yang telah matang ini akan bergerak ke tuba fallopi dan menempel pada dinding rahim. Sel telur ini umumnya hanya bertahan selama 24 jam. Jika tidak dibuahi, sel telur akan mati.

Namun, jika sel telur bertemu dengan sperma dan sudah dibuahi, maka kehamilan akan terjadi. Fase ovulasi juga akan menandai masa subur wanita dan biasanya terjadi sekitar dua minggu sebelum siklus menstruasi berikutnya dimulai.

BACA JUGA:Ladies! Ini Nih 4 Cara Sederhana Mengatasi Telat Haid

2. Fase Luteal

Setelah fase ovulasi, folikel yang telah pecah mengeluarkan sel telur akan membentuk korpus luteum, yang kemudian akan memicu peningkatan hormon progesteron untuk mempertebal lapisan dinding rahim.

Ini juga dikenal dengan fase pramenstruasi. Pada tahap ini, wanita umumnya merasakan beberapa gejala seperti payudara membesar, muncul jerawat, badan terasa lemas, dan mengalami perubahan mood.

Proses menstruasi ini akan terus berputar, dari wanita mengalami pubertas hingga ia mengalami menopause.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: