Kok bisa Haid Tidak Teratur Setelah Menikah, Yuk Simak 3 Penyebabnya Disini

Kok bisa Haid Tidak Teratur Setelah Menikah, Yuk Simak 3 Penyebabnya Disini

Mengapa Haid Tidak Teratur setelah Menikah?-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Untuk wanita yang telah menikah, telat menstruasi kerap kali dikaitkan dengan kehamilan. Padahal, faktanya telat datang bulan bisa disebabkan beragam hal, termasuk penyakit-penyakit serius.

Menstuasi tidak teratur atau menjadi lambat, cepat, bahkan lewat beberapa bulan bisa menandai beberapa kondisi medis.

Lalu apa saja sih penyebab menstruasi tidak teratur? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Di bawah ini adalah beberapa faktornya:

1. Penggunaan alat kontrasepsi

Siklus haidmu bisa menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti akibat penggunaan alat kontrasepsi setelah menikah, terutama jika yang digunakan adalah alat kontrasepsi hormonal. Alat kontrasepsi jenis ini bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuhmu.

Umumnya tubuh perlu setidaknya 3-6 bulan untuk beradaptasi dengan alat kontrasepsi hormonal. Jika terjadi gangguan siklus haid setelah penggunaan alat kontrasepsi, coba periksakan diri ke dokter. Dokter dapat merekomendasikan alat kontrasepsi lain, agar siklus haid kembali teratur.

2. Perubahan berat badan

Menurut studi, berat badan perempuan setelah menikah lebih berpeluang untuk meningkat. Nah, jika peningkatan berat badan terjadi secara signifikan, menstruasi bisa menjadi tidak teratur.

Ini bisa terjadi karena tumpukan lemak di tubuh memengaruhi produksi hormon estrogen dalam tubuh. Wanita yang memiliki tumpukan lemak yang banyak cenderung memiliki hormon estrogen yang tinggi. Peningkatan kadar hormon estrogen inilah yang pada akhirnya memicu siklus haid menjadi tidak teratur.

3. Honeymoon blues

Ada masa saat pasangan merasa kelelahan dan merasakan beberapa gejala depresi setelah menikah. Situasi yang disebut honeymoon blues ini bisa jadi adalah efek dari persiapan pernikahan yang sangat menyita waktu dan pikiran.

Kondisi ini bisa jadi serupa dengan perasaan lelah yang dirasakan setelah liburan dan kembali ke kehidupan nyata. Bukan tidak mungkin situasi ini akhinya menyebabkan kamu mengalami stres yang kemudian berdampak terhadap siklus haid.

4. Stres menghadapi awal pernikahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: