Waduh! Ternyata Gunung Salak Banyak Makam Keramatnya Loh, Salah Satunya Ada Makam Mbah Petruk

Waduh! Ternyata Gunung Salak Banyak Makam Keramatnya Loh, Salah Satunya Ada Makam Mbah Petruk

Waduh! Ternyata Gunung Salak Banyak Makam Keramatnya Loh, Salah Satunya Ada Makam Mbah Petruk -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Salak, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga memiliki beberapa makam keramat yang dihormati dan dianggap tempat suci oleh masyarakat setempat.

Gunung Salak usianya relatif tua sehingga memiliki beberapa puncak, dan yang tertinggi adalah Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 meter di atas permukaan laut. 

Kendati begtu, keindahan gunung Salak tidak bisa dipisahkan dari beragam cerita misteri yang mengiringinya, mulai dari banyaknya pesawat yang jatuh di kawasan itu, sampai pantangan memetik bunga anggrek secara sembarangan.

Makam-makam ini menyimpan nilai-nilai spiritual, sejarah, dan kepercayaan yang kuat. 

BACA JUGA:Bikin Nagih, Inilah Ban Terbaik Indonesia, Nomor 3 Paling Laris!

1. Makam Keramat Nyi Roro Kidul

Makam Keramat Nyi Roro Kidul juga terdapat di Gunung Salak. 

Nyi Roro Kidul adalah sosok legendaris dalam mitologi Jawa yang dianggap sebagai penguasa pantai selatan Jawa dan dianggap sebagai permaisuri Gaib yang memiliki kekuatan mistis

Makam keramat ini menjadi tujuan ziarah bagi mereka yang memuja dan mencari pertolongan dari Nyi Roro Kidul, terutama bagi nelayan dan pelaut yang berharap mendapatkan perlindungan dan keselamatan di laut.

2. Makam Keramat Mbah Petruk

Makam Keramat Mbah Petruk juga terkenal di Gunung Salak. Mbah Petruk merupakan tokoh dalam wayang kulit yang dikenal sebagai salah satu sahabat Pandawa dalam wiracarita Mahabharata.

BACA JUGA:Selain Menjadi Salahsatu Gunung Mistis, Gunung Lawu Ternyata Dikutuk Prabu Brawijaya

Makam keramat ini diyakini sebagai tempat persemayaman Mbah Petruk dan dihormati oleh para penggemar wayang kulit serta masyarakat yang percaya akan kekuatan spiritual Mbah Petruk.

Makam keramat di Gunung Salak merupakan tempat suci yang mencerminkan hubungan manusia dengan yang Maha Kuasa, sejarah budaya, dan kekuatan spiritual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: