Benarkah Nyeri Haid Bisa Bikin Susah Hamil? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Benarkah Nyeri Haid Bisa Bikin Susah Hamil? Yuk Simak Penjelasannya Disini

Benarkah Nyeri Haid Bisa Bikin Susah Hamil? Yuk Simak Penjelasannya Disini -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Nyeri haid merupakan hal yang biasa dialami wanita. Setidaknya 5 dari 10 wanita mengaku mengalami hal ini. 

Lalu, apakah benar nyeri haid bikin susah hamil? Apakah nyeri haid menandakan adanya kelainan di dalam rahim?

Memang tidak semua wanita yang mengalami nyeri haid memiliki kelainan dalam kandungan. Namun, nyeri haid dapat menjadi tanda kemungkinan adanya penyakit yang dapat mengganggu kesuburan. 

Salah satu kondisi yang paling sering adalah Endometriosis

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! inilah 5 Efek Samping dan Penyebab Telat Haid Pada Remaja

Membedakan Nyeri Haid yang Normal dan Tidak Normal

Nyeri haid disebabkan oleh kontraksi otot pada dinding rahim yang diatur oleh hormon prostaglandin. Kontraksi ini terjadi karena rahim berusaha mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Pengeluaran sel telur dan darah dari dinding rahim inilah yang disebut menstruasi atau haid.

Pada sebagian wanita, hormon prostaglandin diproduksi dalam jumlah normal, sehingga rasa nyeri haid yang muncul bersifat ringan dan tidak terlalu mengganggu.

Namun, ada kalanya prostaglandin diproduksi dalam jumlah lebih banyak sehingga memicu kontraksi rahim yang lebih kuat. Hal inilah yang membuat sebagian wanita merasakan nyeri haid yang lebih berat.

BACA JUGA:Siklus Haidmu Tidak Teratur? Coba 5 Tips Jitu ini Agar Bisa Cepat Hamil

Nyeri haid yang muncul karena hal tersebut bukanlah hal yang berbahaya. Hingga saat ini, kemunculan nyeri haid yang disebabkan oleh produksi prostaglandin juga belum terbukti dapat menyebabkan gangguan kesuburan atau menyulitkan proses terjadinya kehamilan.

Namun, pada kasus tertentu, nyeri haid yang berlebihan atau dismenorea juga bisa disebabkan oleh kondisi atau penyakit tertentu. Hal inilah yang berisiko mengganggu kesuburan wanita.

Berikut ini adalah beberapa penyakit penyebab nyeri haid tak tertahankan yang mungkin menyebabkan wanita sulit hamil:

BACA JUGA:Sering Merasa Nyeri Haid? Begini 5 Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Tanpa Obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: