Panduan Lengkap! Cara Klaim Asuransi Kesehatan Prudential dengan Metode Cashless
Panduan Lengkap! Cara Klaim Asuransi Kesehatan Prudential dengan Metode Cashless--
PAGARALAMPOS.COM - Bagi mereka yang baru saja menjadi nasabah Asuransi Prudential, memahami proses klaim menjadi hal penting untuk memastikan manfaat yang dijanjikan dapat diterima dengan lancar.
Sebagai perusahaan asuransi terkemuka, Prudential Indonesia memiliki persyaratan yang ketat dalam menangani klaim asuransi.
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang benar agar klaim dapat diterima dengan sukses. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengajukan klaim asuransi Prudential.
Cara Klaim Asuransi Prudential Kesehatan
Klaim asuransi kesehatan Prudential memiliki tiga jenis metode pembayaran yang berbeda:
BACA JUGA:Ikuti Langkah ini Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehata AIA Dengan Mudah dan Cepat!
1. Pembayaran Tanpa Tunai di Rumah Sakit dalam Negeri
Dengan metode pembayaran ini, nasabah akan mendapatkan kartu khusus yang dapat digunakan di rumah sakit. Penggunaannya relatif mudah, hanya perlu menggesek kartu tersebut.
Langkah-langkah klaim:
- Pastikan rumah sakit yang akan digunakan adalah rekanan resmi Prudential.
- Hubungi layanan medis Prudential yang aktif 24 jam untuk melaporkan klaim. Sertakan nomor kartu peserta nasabah.
- kumpulkan dokumen seperti KTP atau akta kelahiran dan serahkan kepada petugas administrasi rumah sakit dalam waktu 1x24 jam.
- Setelah semua dokumen terpenuhi, Prudential Indonesia akan membayar biaya perawatan dalam bentuk non-tunai. Pilih kamar sesuai rencana yang dimiliki.
- Perlu diperhatikan bahwa jika biaya perawatan melebihi manfaat yang diterima, nasabah harus membayar sisa biaya tersebut sebelum selesai menjalani perawatan.
BACA JUGA:Percayakan Proteksi Diri dengan Asuransi BRI Life, Bikin Segala Urusan Lancar Tanpa Hambatan
2. Pembayaran Tanpa Tunai di Rumah Sakit Luar Negeri
Langkah-langkah klaim untuk perawatan di rumah sakit luar negeri:
- Lakukan pra-pendaftaran ke PRUMedical Network minimal 4 hari kerja sebelum rencana perawatan. Lampirkan formulir pra-pendaftaran, paspor, kartu peserta, surat rekomendasi dokter, hasil pemeriksaan medis, dan nomor telepon yang dapat dihubungi saat di luar negeri.
- Selama perawatan di luar negeri, bawa dokumen seperti kartu peserta asuransi, paspor, email konfirmasi pra-pendaftaran dari pihak administrator ketiga (TPA), dan kartu kredit untuk pra-otorisasi.
- Konfirmasi keputusan penjaminan akan diberikan setelah rumah sakit mengirimkan dokumen medis awal untuk rawat inap.
- Pastikan memilih rumah sakit yang bekerja sama dengan PRUMedical Network.
BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu Nih! Ternyata Begini Caranya Pencairan Dan Persyaratan Cairkan Asuransi BRI LIFE
3. Penggantian Sistem Pembayaran
- Langkah-langkah klaim dengan sistem reimbursement:
- Bayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu.
- Ajukan klaim asuransi kepada Prudential setelah pengobatan selesai.
- Prudential akan mengembalikan biaya sesuai tagihan rumah sakit yang diberikan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: