Wajib Diketahui! Ini 5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan yang Miliki Hubungan dengan Batak, Salah Satunya Suku

Wajib Diketahui! Ini 5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan yang Miliki Hubungan dengan Batak, Salah Satunya Suku

5 Suku di Indonesai--

BACA JUGA:Kibok Sasaran Lokasi Intensifikasi Tanaman Kopi Arabika Kementan

Suku Komering merupakan salahsatu suku yang ada di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya tersebar di pesisir danau ranau dan sungai komering di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Sealatan) dan Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur).

Suku Komering ini termasuk salahsatu suku tertua di Sumatera (Proto Malayan), seperti Mentawai, Enggano, Nias, Batak, Kubu dan Orang Laut.

Asal Muasal dari nama suku Komering ini sendiri di ambil dari nama Way atau Sungai yang ada di dataran Sumatera Selatan, yang menandai daerah kekuasaan Komering itu sendiri.

Nama Suku Komering ini juga di tulis oleh Zawawi Kamil (Menggali Babad dan Sedjaran Lampung), disebutkan dalam sajak dialek Komering atau Minanga.

BACA JUGA:Wow! Selain Pixie Hair Cut, Nih 6 Gaya Potongan Rambut Yang Wajib Kamu Coba

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. 

Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung. 

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Suku Komering terbagi beberapa marga, di antaranya marga Paku Sengkunyit, marga Sosoh Buay Rayap, marga Buay Pemuka Peliyung, marga Buay Madang, dan marga Semendawai. 

BACA JUGA:KEREN! Selain Pixie Hair Cut, Ini Gaya Potongan Rambut yang Lagi Hits

Wilayah budaya Komering merupakan wilayah yang paling luas jika dibandingkan dengan wilayah budaya suku-suku lainnya di Sumatra Selatan. 

Selain itu, bila dilihat dari karakter masyarakatnya, suku Komering dikenal memiliki temperamen yang tinggi dan keras.

Berdasarkan cerita rakyat di masyarakat Komering, suku Komering dan suku Batak, Sumatra Utara, dikisahkan masih bersaudara. 

Kakak beradik yang datang dari negeri seberang. Setelah sampai di Sumatra, mereka berpisah. Sang kakak pergi ke selatan menjadi puyang suku Komering, dan sang adik ke utara menjadi puyang suku Batak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: