5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan, Satu Diantaranya Miliki Hubungan Erat Dengan Suku Batak

5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan, Satu Diantaranya Miliki Hubungan Erat Dengan Suku Batak

5 Suku indonesia -Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia dengan julukannya sebagai 'negara seribu kepulauan' memang memiliki beragam jenis suku, bahasa, tradisi, dan agama. Dengan keberagaman tersebut Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku yang tersebar disetiap daerah.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Bahkan diantara sekian banyaknya suku yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan ini, ternyata ada salahsatu suku yang masih memiliki garis keturunan dengan suku Batak yang ada di Sumatera Utara.

Penasaran kan dengan suku keturunan Batak yang ada di Sumatera Selatan tersebut?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel dan memiliki garis keturunan Suku Batak, Simak ya!

BACA JUGA:5 Suku Asli Yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Nomor 1 Merupakan Keturunan Majapahit

1. Suku Pasemah

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo Kota Pagar Alam. 

Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (pulau Perca). Suku ini banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. 

Menurut mitologi nama Pasemah berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu. Hasil utama masyarakat suku ini ialah kopi, sayur-sayuran dan cengkeh dengan makanan pokoknya ialah beras.

BACA JUGA:Yuk Mengenal 5 Suku Asli yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Salah Satunya Suku Pasemah

2. Suku Komering

Suku Komering merupakan salahsatu suku yang ada di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya tersebar di pesisir danau ranau dan sungai komering di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Sealatan) dan Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur).

Suku Komering ini termasuk salahsatu suku tertua di Sumatera (Proto Malayan), seperti Mentawai, Enggano, Nias, Batak, Kubu dan Orang Laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: