Kok Bisa Nyeri Saat Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya

Kok Bisa Nyeri Saat Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya

Kok Bisa Nyeri Saat Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya-Foto: ist-

2. Jarang bergerak

Setelah melahirkan, sebagian besar para Mama baru memilih untuk istirahat total demi pemulihan tubuhnya. Hal ini memang tepat, Ma. Tapi setidaknya berikan juga kesempatan bagi tubuh untuk tetap aktif bergerak.

BACA JUGA:Gunung Kelimutu, Keajaiban Telaga Berwarna di Pulau Flores

Paling tidak, lakukan jalan santai atau sekadar melakukan aktivitas sehari-hari. Kegiatan ini juga dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan fungsi normal organ-organ pentingnya.

Apabila Mama justru lebih banyak berdiam diri dan jarang bergerak, pergerakan organ penting termasuk sistem pencernaan bisa terganggu. Akibatnya, buang air besar pun terasa tidak nyaman dan nyeri.

3. Adanya perobekan pada vagina

Jika Mama melewati persalinan dengan cara normal alias pervagina, tentu akan ada bekas luka yang terjadi di area organ intim Mama.

Robekan yang terjadi akibat persalinan bahkan seringkali bisa mencapai lubang anus. Efeknya, setelah melahirkan seringkali muncul rasa nyeri saat buang air besar.

BACA JUGA:Parah, Diduga Dicekoki Narkoba Dulu Baru Digilir 10 Pria Bareng Oknum Perwira Brimob

Terlebih jika pada saat persalinan dilakukan tindakan sayatan atau episiotomi, yang dilakukan untuk membuka jalan lahir. Tindakan ini juga meningkatkan risiko nyeri buang air besar setelah melahirkan.

Saat melakukan persalinan normal, Mama juga kemungkinan bisa mengalami robekan perineum dan vulva. Hal ini juga turut menjadi penyebab nyeri buang air besar setelah persalinan.

4. Bengkak di area organ intim

Salah satu efek yang juga bisa menjadi penyebab nyeri buang air besar setelah persalinan adalah adanya pembengkakkan di area organ intim.

Bengkak ini bisa terjadi karena beberapa faktor, Ma. Salah satunya karena infeksi atau peradangan.

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui, ini Dia 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: