Peredaran Darah Lancar dengan 8 Makanan Sehat Ini, Coba Yuk!

Peredaran Darah Lancar dengan 8 Makanan Sehat Ini, Coba Yuk!

Peredaran Darah Lancar dengan 8 Makanan Sehat Ini, Coba Yuk!-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Tekanan darah normal sekitar 120/80 mmHg atau sedikit lebih rendah. Jika tekanan darah seseorang lebih tinggi dari angka tersebut, maka ia dikatakan menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak ditangani. Selain pengobatan, beberapa metode lain bisa digunakan untuk mengatasi kondisi ini. Hipertensi dapat meningkatkan risiko serangan jantung, sehingga penting untuk memahami cara menurunkan tekanan darah.

Berikut adalah 5 cara mengatasi tekanan darah tinggi yang patut Anda coba:

1. Jaga Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan berlebih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih pada arteri, sehingga menimbulkan tekanan darah tinggi.

2. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Olahan

Kurangi konsumsi makanan yang kaya gula dan karbohidrat olahan, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat memperkuat jantung dan mencegah tekanan darah tinggi. Disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu.

4. Kurangi Konsumsi Natrium

Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung natrium, karena membatasi asupan garam dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

5. Tingkatkan Konsumsi Kalium

Konsumsi makanan yang kaya kalium seperti kacang polong, susu sapi, kentang panggang, pisang, dan bayam, karena kalium dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh natrium pada pembuluh darah.

Pastikan untuk melakukan semua cara tersebut secara rutin untuk merasakan manfaatnya dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: