Baru Tau, 1 dari 5 Kapal Selam Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

Baru Tau, 1 dari 5 Kapal Selam Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

Kapal Selam KRI Cakra--Wikipedia

4. KRI Alugoro 405

Kapal KRI Alugoro 405 merupakan kapal ketiga dari 12 kapal selam yang dipesan oleh TNI AL. Peresmiannya telah dilakukan oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, pada tanggal 17 Maret 2021.

Pada awalnya proses pengerjaannya adalah kerjasama antara PT PAL Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering Co. Ltd (DSME) dengan proses Transfer of Technology (TOT). 

Nantinya kapal ini akan dioperasikan Komando Armada II (Koarmada) II.

Pembangunan kapal selam ketiga yang memiliki nama Alugoro 405 ini dibangun pada tahun 2017. Dan berbeda dengan dua kapal sebelumnya, adalah teknologi baru dan canggih, yakni mampu mengatasi peperangan di bawah permukaan laut.

Untuk spesifikasinya yuk kita intip.

* Termasuk jenis Diesel Electric Submarine U209/1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class).

* Memiliki panjang keseluruhan 6,13 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air.

* Kemampuan menjelajah hingga 50 hari dan di desain dengan ‘life time‘ atau usia dapat mencapai 30 tahun, serta mampu membawa 40 kru.

* Berat kapal selam ini mencapai 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan.

5. Kapal Selam KRI Nanggala 402

Peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala 402 sepertinya masih membekas di benak masyarakat Indonesia. KRI Nanggala-402 kembar dengan KRI Cakra dan memiliki berat yang sama, yaitu 1.395 ton dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi yang sama. 

Kapal ini sering mendapat julukan sebagai monster laut yang juga aktif mengikuti sejumlah misi, salah satunya adalah latihan bersama US Navy dengan menggunakan nama sandi Coorperation Afloat Readliness and Training/CARAT-8/02 pada 27 Mei – 3 Juni 2002 di perairan Laut Jawa, dan Selat Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: