3 Suku Asli di Kalimantan, Generasi Penerus Yang Masih Melestarikan Kebudayaan Leluhur

3 Suku Asli di Kalimantan, Generasi Penerus Yang Masih Melestarikan Kebudayaan Leluhur

PAGARALAMPOS.COM - Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar nama Kalimantan, salahsatu pulau yang ada di Indonesia tersebut memang memiliki bermacam kebudayaan yang masih terjada dengan baik hingga sekarang.

Pulau Kalimantan memilik beberapa suku dengan ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki suku lain. Pulau terbesar ketiga di dunia tersebut terbagi menjadi bagian dari tiga negara, yaitu Indonesia di bagian selatan, Malaysia dan Brunei Darussalam di bagian utara.

Sekitar 73 persen luas wilayah Pulau Kalimantan merupakan milik Indonesia. Kalimantan sendiri memiliki arti pulau yang memiliki banyak sungai.

Dari nama itulah yang membuat Kalimantan juga terkenal dengan Pulau Seribu Sungai. Selain sungai, Kalimantan juga dihuni oleh berbagai suku yang sampai saat ini masih terus melestarikan budaya leluhurnya.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Suku Besemah, Tradisi Hingga Persebarannya di Wilayah Bengkulu

Nah, berikut kami sajikan ulasan tentang berbagai suku yang ada di Pulau Kalimantan melalui rangkuman dari berbagai sumber.

1. Suku Dayak


Suku Dayak-Instagram-@nederlandsch_indie_zone

Suku Dayak sendiri merupakan suku terbesar dan juga tertua yang mendiami Pulau Kalimantan. Nama Dayak tersebut diambil dari bahasa Austronesia yaitu Daya.

Bahasa Austronesia sendiri adalah bahasa tertua dan cikal-bakal dari bahasa suku-suku yang menempati kepulauan Nusantara.

Penduduk asli Kalimantan sendiri terdiri dari banyak sub-suku yang memiliki ciri khas, keunikan dalam budayanya.

BACA JUGA:Menelisik Sejarah Suku Komering di Sumatera Selatan, Miliki Makna Dari Istilah Hindu Purba

Suku Dayak mempunyai 268 sub-suku yang terbagi kedalam enam rumpun besar, diantaran, Rumpun Punan, Klemantan, Apokayan, Iban, Murut, dan Ot Danum.

Beberapa sub-suku Dayak seperti Suku Kutai, Bakumpai, Dayak Desa, Bahau, Lun Bawang, Tidung, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: