Mau Tahu? Begini Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Mau Tahu? Begini Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya di Palembang

PAGARALAMPOS.COM - Berbicara tentang Negara Indonesia memang selalu menarik untuk diikuti, Negara yang pada 17 Agustus 2023 ini akan memperingati hari kemerdekaan yang ke-78 tahun memang banyak memiliki keberagaman tersendiri.

Indonesia yang terkenal dengan negara seribu kepulauan selain memiliki berbagai macam suku, budaya, adat istiadat, bahkan bahasa ternyata banyak menyimpan kisah sejarah panjang sebelum kemerdekaannya.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang perjuangan bangsa Indonesia pada saat zaman penjajahan, Disini akan kami sajikan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang diyakini terdapat di Sumatera Selatan.

Kerajaan Sriwijaya sendiri merupakan kerajaan Buddha dan sudah terkenal dengan wilayah kekuasaan yang begitu luas.

BACA JUGA:Ini Wisata Religi di Kota Palembang, Ada Cerita Sejarah Penyebaran Islamnya

Mendapat julukan sebagai kerajaan maritim, ternyata Kerajaan Sriwijaya memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Nusantara pada masa itu.

Julukan tersebut diperoleh karena kerajaan ini berlokasi di tepian Sungai Musi, Palembang Sumateran Selatan sehingga membuatnya memiliki banyak keuntungan.


Ilustrasi Jalur Perdagangan zaman Kerajaan Sriwijaya-Instagram-@graecentanus

Kerajaan ini memiliki beberapa keberhasilan dibeberapa bidang, seperti maritim, politik, serta ekonomi. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya memiliki kepemimpinan yang luar biasa.

Dalam bidang ekonomi, Kerajaan Sriwijaya pernah mengontrol perdagangan di jalur utama Selat Malaka, dengan daerah kekuasaan mencakup Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatra, dan sebagian di Jawa.

BACA JUGA:Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan

Masa kejayaan tersebut terjadi pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa yang berkuasa pada abad sembilan. Terus Bagaimana cerita awal mula Kerajaan Sriwijaya berdiri hingga meraih masa kejayaannya?.

Nah berikut kami sajikan sejarah singkat Kerajaan Sriwijaya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, simak sampai selesai ya!

Sejak awal berdirinya, Kerajaan Sriwijaya disebut telah berhasil menguasai daerah Sumatera bagian selatan, Banga dan Belitung, serta Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: