Mau Tahu? Begini Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Mau Tahu? Begini Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bahkan pada saat itu, Sri Jaayanasa juga mencoba melebarkan wilayah kekuasaan di Jawa.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 7 Tempat Wisata di Palembang Terbaru yang Lagi Hits, Cek Yuk

Berbagai informasi tersebut diketahui dari beberapa prasasti yang ditemukan dan salahsatunya menyebut bahwa Kerajaan Sriwijaya telah melakukan perjalanan dengan membawa 20.000 tentara dari Minanga Tamwan ke Palembang, Jambi, dan Bengkulu.

Dari perjalanan itu, Sriwijaya memiliki wilayah kekuasaan yang semakin luas dan makmur. Namun, masa kejayaannya diraih pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa.

Masa kejayaan itu dilihat dari beberapa bidang, seperti bidang maritim dengan menguasai perdagangan jalur Selat Malaka, Selat Sunda, dan Semaenanjung Malaya. Bahkan pada maasa itu, rakyat sangat makmur karena kerajaan banyak mendapat pemasukan dari pajak kapal dagang yang melintas.

Karena banyaknya keutntungan dari kapal dagang yang singgah, Kerajaan Sriwijaya membentuk armada laut yang kuat untuk mengatasi gangguan pada jalur pelayaran.

BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi

Besarnya pengaruh yang dimiliki Kerajaan Sriwijaya, membuatnya menjadi kerajaan nasional pertama yang memiliki kekuasaan sangat luas.

Selain di bidang perdagangan, raja Balaputradewa juga memperhatikan ilmu pengetahuan bagi generasi muda.

Dirinyaa menjalin hubungan erat dengan kerajaan Benggala yang memberikan sebidang tanah untuk mendirikan asrama bagi para pelajar dan siswa yang sedang belajar di Nalanda.

Namun, semua kejayaan Kerajaan Sriwijaya runtuh pada abad ke-11. Ada beberapa penyebab dari runtuhnya kerajaan tersebut, yaitu banyak raja yang melepaskan diri, terdesak kerajaan Thailand dan Singasari, serta mendapat serangan dari Colamandala dari India.

Nah itulah sejarah singkat dari Kerajaan Sriwijaya, jika terdapat kesalahan dari penulisan artikel ini kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena tulisan ini mengutip dari berbagai sumber sebelumnya.

Jika menarik, tulisan ini akan kita sajikan perpart sehingga diharapkan bisa menjadi bahan pengetahuan untuk generasi sekarang supaya dapat mengenal keberagaman yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: