Suspensi Mobil Anda Bermasalah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Suspensi Mobil Anda Bermasalah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Suspensi Mobil Anda Bermasalah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM – Pengendara mobil pastinya pernah mengalami hal ini, yaitu suspense bermsalah, kenali ini penyebab dan cara mengatasinya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Informasi mengenai penyebab suspensi mobil berkendala dan cara untuk mengatasi masalahnya

Penyebab Suspensi Mobil Bermasalah – Berbicara soal perawatan mobil, tentu saja banyak beberapa sektor yang perlu mendapatkan pemeliharaan yang rutin. Hal ini tentu dianggap sangat penting dipahami oleh semua pemilik mobil guna menjaga performa maupun penampilannya.

Namun, tak jarang pula ada beberapa kendala atau masalah yang terjadi pada mobil. Dimana, banyak pemilik mobil yang sulit mendeteksi masalah yang terjadi. Seperti kendala pada bagian suspensi.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Tentu saja, ada beberapa penyebab suspensi mobil bermasalah yang turut penting untuk dipahami oleh setiap pemilik mobil. Sehingga, masalah pada suspensi bisa langsung diatasi.

Hanya saja, untuk memahami pemicu atau penyebab suspensi mobil bermasalah di sini, diperlukan beberapa langkah teknis yang harus dilakukan untuk mendeteksi dimana kerusakan pada suspensi mobil tersebut.

Lantas, bagaimana sih cara mendeteksi kerusakan pada suspensi mobil itu? Jangan khawatir kawan.

Pasalnya, kali ini Mas Sena akan berbagi informasi terkini mengenai penyebab suspensi mobil bermasalah yang bisa Anda terapkan di rumah secara mandiri sekaligus cara untuk mengatasinya.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Penyebab Suspensi Mobil Bermasalah

Ada beberapa faktor yang memicu atau jadi penyebab suspensi mobil bermasalah yang patut untuk dipahami. Berikut Mas Sena akan jelaskan uraian penyebabnya.

Kerusakan pada Sistem Peredaman Suspensi

Pemicu pertama yang jadi penyebab suspensi mobil bermasalah dikarenakan adanya kerusakan serius pada sistem peredamannya.
BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan: Pengelola OW Diimbau Utamakan Keselamatan Wisatawan
Umumnya, kerusakan ini bisa dideteksi dari adanya bunyi berdecit ketika melewati jalan bergeronjal atau polisi tidur.

Kondisi ini tentu diakibatkan karena menurunnya kualitas suspensi dalam meredam atau meminimalisir tekanan ban sehingga membuat pengendaraan mobil menjadi kurang stabil.

Ini bisa saja jadi penyebab suspensi mengalami kerusakan. Apalagi, jika ban atau velg pada ban sudah tidak presisi lagi sehingga memaksa sistem peredaman pada suspensi bekerja lebih berat.

Kebocoran pada Suspensi
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Penyebab suspensi mobil bermasalah juga bisa diketahui dari adanya kebocoran pada suspensi itu sendiri.

Kebocoran di sini adalah merembesnya oli suspensi keluar yang mana dipicu oleh robeknya karet seal suspensi atau as shock yang tergores atau baret.

Robeknya karet seal pada suspensi mobil ini juga bisa dipicu oleh beberapa faktor. Seperti penggunaan mobil dengan intensitas tinggi untuk melewati medan jalan yang tidak rata.

Selain itu, berkendara ngebut ketika melewati polisi tidur juga bisa memicu robeknya as shock yang membuat oli pada suspensi mobil bocor atau merembes keluar.
BACA JUGA:6 Destinasi Wisata di Padang yang Menakjubkan
Ini tentu menjadi kondisi yang harus Anda perhatikan jika Anda sering menggunakan mobil untuk berkendara di medan jalan yang tak rata mengingat potensi kebocoran oli suspensi lebih besar.

Membawa Beban di Luar Kemampuan Kapasitas

Kemudian, yang jadi penyebab suspensi mobil bermasalah agaknya juga dipicu karena mobil terlalu sering membawa beban yang berat.

Apalagi, jika beban tersebut melebihi kapasitas kemampuan dari rekomendasi standar pabrik. Ini tentu akan memberatkan sistem kerja peredaman pada suspensi yang membuatnya menjadi tidak awet dan bermasalah.
BACA JUGA:Kembangkan Pulau Cemara Sebagai Ekoeduwisata Bahari
Maka dari itu, kurangi intensitas membawa beban yang melebihi kapasitas rekomendasi supaya suspensi menjadi lebih awet dan tidak bermasalah.

Usia Pakai yang Sudah Berumur

Usia pemakaian suspensi pada mobil juga bisa jadi penyebab suspensi mobil bermasalah. Ini merupakan hal yang wajar sekali mengingat faktor penggunaan yang lama akan menyebabkan kemampuan suspensi turun.

Maka dari itu, dalam soal ini, jika mobil Anda mengalami masalah pada suspensi maka sebaiknya cek masa pakainya. Jika dirasa sudah sampai dua tahun lebih maka sudah waktnya suspensi tersebut untuk diganti yang lebih baru.
BACA JUGA:Gasken Rek! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Rasakan Liburan Seperti di Luar
So, untuk soal usia pakai di sini disesuaikan dengan umur dari suspensi itu sendiri.

Cara Mengatasi Suspensi Bermasalah

Setelah memahami berbagai penyebabnya, kini Anda harus mengetahui dan memahami cara mengatasi suspensi bermasalah. Berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Parkir Mobil di Lokasi Permukaan yang Rata
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Salahsatunya Bikin Geleng-geleng Kepala!
Untuk menerapkan cara mengatasi suspensi bermasalah, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan.

Salah satunya yakni dengan memarkirkan mobil di lokasi dengan permukaan yang rata.

Bukan tanpa alasan mengingat jika diparkirkan di lokasi parkir yang kurang rata maka akan membuat terjadinya penekanan ke salah satu suspensi sehingga akan mengakibatkan beban berlebih pada sisi suspensi tersebut.

Jadi, usahakan untuk memarkirkan mobil di permukaan yang rata untuk mencegah sekaligus merawat kondisi mobil agar lebih awet dan beban yang disokong menjadi lebih seimbang.
BACA JUGA:Parah, Kunjungan Wisatawan ke Pagaralam Membludak H+2 Lebaran
Pelan-Pelan ketika Melewati Jalan Berlubang

Di sisi lain, cara mengatasi suspensi bermasalah bisa juga dengan melakukan tindakan berhati-hati dalam berkendara.

Salah satunya yakni pelan-pelanlah ketika melalui medan jalan yang berlubang. Karena, kontur jalan yang kurang rata tentu akan memberatkan kerja dari suspensi.

Jadi, untuk mencegah kerusakan pada suspensi, usahakan untuk memelankan laju mobil. Terutama, jika suspensi mobil Anda memang sudah bermasalah agar kerusakan tidak bertambah lebih parah.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Kamu Ngga Mau Pulang Kerumah Lagi, Ada Apa?
Akan lebih baik jika memang kondisi mobil Anda sedang mengalami kerusakan maka hindari melewati jalan yang berlubang atau kontur yang kurang rata.

Cek dan Periksa Kondisi Kaki-Kaki Mobil

Tak hanya itu, untuk cara mengatasi suspensi mobil bermasalah, Anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin.

Karena, meski ada kendala pada suspensi, belum tentu sistem peredamannya mengalami kerusakan atau kebocoran oli.
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga, yang Nomor 1 Buat Tercengang!
Namun, bisa saja dipicu oleh faktor lain, seperti kaki-kaki mobil yang kurang presisi hingga posisi bodi mobil yang tidak pas.

Maka dari itu, selalu lakukan pengecekan rutin pada bagian kaki-kaki dari mobil Anda untuk mengetahui kondisi suspensi, apakah terbebani karena kurang presisinya kaki-kaki atau tidak.

Yang jelas, Anda bisa melakukan pengecekan ini dalam kurun waktu 6 bulan sekali atau jika dirasa kaki-kaki mulai terasa tidak beres.

Perbaiki Segera Jika Terasa Suspensi Terasa Keras
BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan: Pengelola OW Diimbau Utamakan Keselamatan Wisatawan
Selain itu, cara mengatasi suspensi bermasalah adalah dengan sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan jika dirasa bagian suspensi mulai bermasalah.

Hal ini merupakan tindakan pencegahan yang cukup efektif untuk menekan menjalarnya kerusakan ke bagian lain. Apalagi, jika frekuensi penggunaan mobil untuk jarak jauh tinggi.

Ganti Suspensi Baru

Kemudian, cara mengatasi suspensi mobil bermasalah yakni Anda harus melakukan penggantian suspensi yang baru.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Tentu saja, penggantian suspensi baru ini diputuskan atas pertimbangan saran dari mekanik. Jika mekanik menyarankan untuk mengganti maka sebaiknya Anda menggantinya dengan suspensi yang baru meskipun masalah atau kerusakan pada suspensi masih bisa diperbaiki.

Nah, untuk penggantian suspensi yang baru, sebaiknya menggunakan suku cadang orisinil dari pabrikan yang sesuai standar. Sehingga, jaminan presisi dan keawetan dari suspensi mobil menjadi lebih terjaga serta tahan lama.

Demikian tadi beberapa penyebab suspensi mobil bermasalah dan cara mengatasinya sekaligus langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kerusakan pada suspensi mobil.

Dengan memahami beberapa faktor pemicu kerusakan suspensi pada mobil tersebut, setidaknya Anda bisa langsung melakukan tindakan terbaik untuk menekan menjalarnya kerusakan pada bagian lain.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Nah, semoga ulasan mengenai penyebab suspensi mobil bermasalah dan cara mengatasinya ini bisa jadi informasi yang bermanfaat sekaligus menjadi sumber referensi terbaik untuk Anda. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: