Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, akan Menunggu Terlihatnya Hilal

Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023,  akan Menunggu Terlihatnya Hilal

Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, akan Menunggu Terlihatnya Hilal--

Pusat Astronomi Internasional juga mengatakan bahwa “artikel asli memuat banyak detail yang menunjukkan kondisi penampakan bulan sabit di berbagai negara di dunia, dan berdasarkan itu, awal bulan dapat ditentukan oleh otoritas terkait.”

BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan Jalin Silaturahmi Purnawirawan dan Warakauri

“Perhatikan bahwa kriteria yang diadopsi untuk awal bulan di dunia Islam berlipat ganda, dan penampakan bulan sabit mungkin bergantung pada tempat-tempat non-lokal,” kata pusat tersebut menambahkan bahwa bulan sabit dapat dilihat di “beberapa kota internasional, ” sesuai pernyataan mereka. 

Negara-negara Kerjasama Teluk (GCC) seperti UEA, Arab Saudi, Qatar, Oman dan Kuwait telah mengumumkan libur Idul Fitri untuk sektor publik dan swasta.

Pemantauan hilal

Baik pegawai sektor publik maupun swasta di UEA akan melihat akhir pekan selama empat hari, mulai Kamis, 20 April hingga Minggu, 23 April.

BACA JUGA:Parah, 2 Walikota Ini Tak Izinkan Jemaah Muhammadiyah Sholat Ied, Ini Tanggapan Menag

 Arab Saudi juga mengumumkan empat hari akhir pekan untuk Idul Fitri. UEA, liburan Idul Fitri Saudi 2023 dikonfirmasi: Detail lengkap terungkap. 

Pada Minggu, Qatar mengumumkan libur 11 hari bagi karyawan, terhitung sejak 19 April, bertepatan dengan 28 Ramadhan 1444 H, hingga 27 April. Karyawan akan kembali bekerja pada Minggu, 30 April 2023.

Oman dan Kuwait akan mengamati akhir pekan lima hari, masing-masing mulai 20 April dan 21 April. Karyawan di Oman akan kembali bekerja pada Selasa, 25 April, sedangkan karyawan di Kuwait akan kembali bekerja pada Rabu, 26 April.

Ramadhan berlangsung 29 atau 30 hari tergantung pada penampakan bulan sabit. Jika bulan terlihat pada hari Kamis, Arab Saudi akan mengumumkan Jumat, 21 April sebagai Idul Fitri.

BACA JUGA:Segera Diluncurkan, Desain Mirip Robot Mesin Bengis 180 cc, Ini Pesaing Berat NMAX dan PCX!

Perhitungan astronomi menunjukkan bahwa negara Teluk itu selain beberapa negara lain seperti UEA, Qatar, dan Bahrain diperkirakan akan merayakan hari raya itu pada hari Jumat.

Negara lain seperti Maroko diperkirakan akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu, 22 April. Mayoritas negara merayakan hari pertama Ramadan pada 23 Maret tahun ini.

Idul Fitri bisa jatuh pada hari Sabtu, 22 April, menurut Pusat Astronomi Internasional. Namun, tanggal pastinya hanya akan dikonfirmasi berdasarkan penampakan bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: