Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, akan Menunggu Terlihatnya Hilal

Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023,  akan Menunggu Terlihatnya Hilal

Kerajaan Arab Saudi Belum Putuskan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023, akan Menunggu Terlihatnya Hilal--

“Negara-negara dunia Islam akan menyelidiki bulan sabit Syawal (Idul Fitri 1444 H) pada Kamis, 20 April 2023 Masehi. Melihat bulan sabit pada hari Kamis tidak mungkin dilakukan dengan mata telanjang dari manapun di dunia Arab dan Islam,” kata Pusat Astronomi Internasional melalui postingan Twitter.

BACA JUGA:Ternyata Ada 3 Daerah di Provinsi Sumatera Selatan yang Paling Sepih, No 1 Bikin Kaget!

“Melihat bulan sabit pada hari Kamis tidak mungkin dilakukan dengan teleskop di sebagian besar negara Arab dan dunia Islam, dengan pengecualian sebagian Afrika Barat mulai dari Libya, tetapi penglihatan tetap sangat sulit dan membutuhkan teleskop yang akurat, pengamat profesional dan luar biasa. kondisi cuaca, dan kombinasi dari faktor-faktor ini jarang terjadi, dan oleh karena itu tidak diharapkan untuk melihat bulan sabit, bahkan dengan menggunakan teleskop, dari manapun di dunia Arab, kecuali kondisi yang disebutkan di atas tersedia.

“Dengan demikian, prinsip melihat hilal sebagai syarat awal bulan adalah Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April,” tambahnya.

Pusat tersebut juga mengklarifikasi dalam postingan Twitter lainnya bahwa perkiraan tanggal Idul Fitri ini didasarkan pada "informasi astronomi".

Pusat Astronomi Internasional juga mengatakan bahwa “artikel asli memuat banyak detail yang menunjukkan kondisi penampakan bulan sabit di berbagai negara di dunia, dan berdasarkan itu, awal bulan dapat ditentukan oleh otoritas terkait.”

BACA JUGA:Benarkah Musi Banyuasin, Muara Enim dan Palembang Masuk Daftar Daerah Terkaya di Provinsi Sumatera Selatan? Ce

“Perhatikan bahwa kriteria yang diadopsi untuk awal bulan di dunia Islam berlipat ganda, dan penampakan bulan sabit mungkin bergantung pada tempat-tempat non-lokal,” kata pusat tersebut menambahkan bahwa bulan sabit dapat dilihat di “beberapa kota internasional, ” sesuai pernyataan mereka .

Negara-negara Kerjasama Teluk (GCC) seperti UEA, Arab Saudi, Qatar, Oman dan Kuwait telah mengumumkan libur Idul Fitri untuk sektor publik dan swasta.

Baik pegawai sektor publik maupun swasta di UEA akan melihat akhir pekan selama empat hari, mulai Kamis, 20 April hingga Minggu, 23 April.

Arab saudi juga mengumumkan empat hari akhir pekan untuk Idul Fitri. UEA, liburan Idul Fitri Saudi 2023 dikonfirmasi: Detail lengkap terungkap

BACA JUGA:Benarkah Musi Banyuasin, Muara Enim dan Palembang Masuk Daftar Daerah Terkaya di Provinsi Sumatera Selatan? Ce

Pada Minggu, Qatar mengumumkan libur 11 hari bagi karyawan, terhitung sejak 19 April, bertepatan dengan 28 Ramadhan 1444 H, hingga 27 April. Karyawan akan kembali bekerja pada Minggu, 30 April 2023.

Oman dan Kuwait akan mengamati akhir pekan lima hari, masing-masing mulai 20 April dan 21 April. Karyawan di Oman akan kembali bekerja pada Selasa, 25 April, sedangkan karyawan di Kuwait akan kembali bekerja pada Rabu, 26 April. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: