Jangan Pecaya, ini Sederet Mitos Tentang Puasa yang Sering di Ikuti Masyarakat

Jangan Pecaya, ini Sederet Mitos Tentang Puasa yang Sering di Ikuti Masyarakat

Jangan Pecaya, ini Sederet Mitos Tentang Puasa yang Sering di Ikuti Masyarakat -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Sampai sekarang, ada banyak mitos puasa yang masih dipercaya sebagian masyarakat, mulai dari puasa dapat memicu stres sampai puasa bikin makan jadi berlebihan. 

Mari ketahui mitos puasa apa saja yang sebaiknya tidak kamu percaya, agar kamu mendapatkan manfaat puasa secara maksimal.

Puasa tidak hanya semata-mata dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah saja. Faktanya, puasa sudah dibuktikan bermanfaat bagi kesehatan oleh banyak penelitian dan telah dijadikan salah satu metode diet yang disebut puasa intermiten.

Meski begitu, di balik banyaknya manfaat puasa, masih ada orang yang percaya berbagai anggapan salah tentang dampak berpuasa. Padahal, kebanyakan mitos tentang puasa tidak terbukti kebenarannya.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Populer di Purwodadi

Berikut ini adalah berbagai mitos puasa dan fakta di baliknya yang penting kamu ketahui:

1. Puasa saat menyusui dapat mengganggu pertumbuhan bayi

Jika ibu menyusui dalam keadaan sehat, maka tidak ada salahnya untuk berpuasa. Jumlah ASI yang diproduksi juga tidak akan berkurang, kok.

Selama puasa, tubuh masih bisa menggunakan cadangan lemak guna memproduksi ASI. ASI yang diproduksi selama puasa juga diketahui tidak akan berkurang nilai gizinya, sehingga pertumbuhan bayi tidak akan terganggu. Jadi, Busui tidak perlu khawatir berlebihan, ya.

Namun, jika Busui memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter, agar puasa yang akan dijalani nantinya tetap aman bagi Busui dan Si Kecil.

BACA JUGA: Pantai Pangubayan Bengkulu, Wisata Laut Wajib Masuk List Liburan Akhir Pekan!

2. Sahur boleh dilewatkan

Anggapan satu ini merupakan salah besar. Faktanya, sahur penting untuk dilakukan, karena sahur merupakan bekalmu untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Pilihlah menu sahur yang mengandung gizi seimbang, termasuk protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.

Selain itu, mitos lain seputar puasa adalah puasa bisa memengaruhi kesuburan. Hal ini juga hanya sebatas mitos, ya. Pasalnya, jika dilakukan secara benar, puasa justru bisa membantu memperbaiki fungsi berbagai organ dan sistem tubuh dan tidak berkaitan secara langsung dengan kesuburan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: