5 jajanan Khas Lombok yang Terkenal dan wajib kamu Cicipi!

5 jajanan Khas Lombok yang Terkenal dan wajib kamu Cicipi!

5 jajanan Khas Lombok yang Terkenal dan wajib kamu Cicipi!--

PAGARALAMPOS.COM, Lombok - Lombok merupakan destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara setelah Bali. Keindahan pulau ini memang memikat siapa saja. Pantai yang masih bersih, air laut yang jernih, dan budaya yang unik menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Lombok untuk menarik minat wisatawan. 

Lebih lagi Anda bisa menjumpai beberapa tempat honeymoon romantis di Lombok. Namun, pesona Lombok tidak hanya terdapat pada wisatanya saja. Anda juga harus mencicipi jajanan khas Lombok yang memiliki citarasa unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

BACA JUGA:5 Makananan khas Lombok Timur ini Terkenal Enak dan Unik!

1. Poteng Jaje Tujak

Masih ingat dengan kue tetel? Nah, ternyata di Lombok ada jajan pasar yang sama dengan tetel, tetapi namanya adalah Poteng Jaje Tujak. Jajanan ini biasa ditemui pada saat bulan puasa. Jika tetel bisa dimakan tanpa tambahan apapun, Poteng Jaje Tujak ini harus dimakan bersama tape ketan.

Menurut kepercayaan masyarakat Lombok, Poteng Jaje Tujak harus dibuat oleh wanita yang tidak sedang datang bulan dan baru saja menunaikan ibadah shalat agar rasanya lebih enak. Oh iya, ada juga minuman khas Lombok yang namanya poteng isi yaitu sejenis es dengan bahan utama tape.

BACA JUGA:Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur

2. Tekel atau Kue Bantal

Dilihat dari bentuknya saja Anda pasti sudah tahu mengapa kue ini dinamakan kue bantal. Tekel adalah kue basah yang dibuat dari ketan, parutan kelapa, gula, garam, dan buah pisang. Kemudian, adonan yang sudah diisi dengan potongan buah pisang tersebut akan dibungkus dengan menggunakan janur dan dikukus sampai matang.

Apabila Anda sedang berjalan-jalan di pasar tradisional di Lombok, carilah kue tekel ini untuk cemilan yang menemani Anda berpetualang di Lombok. Selain di pasar, Anda juga bisa menjumpai tekel di warung-warung yang menjual makanan khas Lombok.

BACA JUGA: Rumah Sederhana Ini Ditawar Rp2,5 Miliar, Di Pagar Alam Juga Ada?

3. Kelepon Kecerit

Jajanan khas Lombok berikutnya memang serupa dengan klepon yang bisa kita temukan di Pulau Jawa. Akan tetapi, bentuk kelepon khas Lombok ini berbeda. Jika pada umumnya klepon dibuat bulat-bulat, di Lombok klepon akan dibentuk memanjang dan sedikit runcing.

Dinamakan Kelepon Kecerit karena “kecerit” memiliki arti sebagai muncrat. Pasalnya, ketika Anda menggigit kue ini, maka gula merah di dalamnya akan muncrat di dalam mulut. Jangan lupa untuk mencicipi kue basah yang legit ini ketika Anda sedang berada di Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: