Antisipasi Penularan Zoonosis dan Infeksi Baru di Indonesia, Pemerintah Terbitkan Permenko PMK

Antisipasi Penularan Zoonosis dan Infeksi Baru di Indonesia, Pemerintah Terbitkan Permenko PMK

Antisipasi Penularan Zoonosis dan Infeksi Baru di Indonesia, Pemerintah Terbitkan Permenko PMK -Foto: Ist-

BACA JUGA:Jubrani Syahid Menangkan Undian Grandprize Pesirah

''Kawasan Asia Tenggara menurut WHO memiliki kondisi yang mudah penyebaran infeksi baru. Indonesia merupakan salah satu negara hotspot di Asia yang punya risiko tinggi terjadinya penyakit infeksius baru dan dapat berdampak pada terjadinya kedaruratan ketahanan kesehatan nasional,'' ungkap Menko Muhadjir.

Terbitnya Permenko PMK ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan, deteksi, dan respons menghadapi potensi terjadinya pandemi di masa mendatang. Ancaman zoonosis dan penyakit infeksius baru di Indonesia diprediksi akan terus meningkat dan berpotensi memberikan dampak pada kesejahteraan rakyat.

''Kebijakan lintas sektor tersebut perlu diiringi dengan penguatan komunikasi, koordinasi, dan peningkatan kapasitas di semua kementerian dan lembaga terkait dengan pemerintah daerah,'' tutur Menko Muhadjir.

Sayangnya, menurut Prof. Muhadjir, sampai sekarang pemerintah daerah kurang menyadari akan hal itu. Padahal undang-undang sudah mengamanatkan itu menjadi fokus pemerintah daerah.

BACA JUGA:Banjir Bandang Melanda Jarai, 3 Desa Terdampak

''Dengan adanya Permenko PMK ini mudah-mudahan mengingatkan pemerintah-pemerintah daerah baik di provinsi maupun kabupaten/ kota di Indonesia bahwa ada urusan yang selama ini agak nyaris terabaikan yaitu pencegahan penyakit zoonosis dan penularan baru,'' ungkapnya.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman kemkes.go.id dengan judul: Pemerintah Antispasi Penularan Zoonosis dan Infeksi Baru di Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: