Apa Itu Star Syndrome? Kenali Tanda-tanda dan Cara Menghindarinya

Apa Itu Star Syndrome? Kenali Tanda-tanda dan Cara Menghindarinya

Apa Itu Star Syndrome? Kenali Tanda-tanda dan Cara Menghindarinya-Foto: Ist-

- Memiliki fantasi bahwa ia adalah sesorang yang sukses dan berkuasa

- Merasa berhak mendapatkan perlakuan khusus

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki star syndrome juga sering kali bersikap sombong, tidak mau menerima kritik, haus akan pujian, dan sering merendahkan orang lain.

Bagaimana Cara Mengatasi Star Syndrome?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, star syndrome dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, terutama di lingkup sosial. Makanya, seseorang dengan kondisi ini akan kesulitan untuk menjaga hubungan dengan orang lain, termasuk orang terdekatnya.

BACA JUGA:Kenali Faktor Penyebab Seluit dan Cara Menghilangkannya

Sebenarnya, jika seseorang yang mengalami star syndrome memiliki support system yang baik, ia bisa dengan cepat diarahkan untuk tidak terlarut dengan kondisinya. Mengapa support system menjadi penting? Hal ini karena seseorang yang

sedang mengalami star syndrome kerap tidak menyadari kondisinya sehingga merasa baik-baik saja.

Oleh karena itu jika orang terdekatmu terlihat mengalami star syndrome, bawa ia ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan pertolongan. Beberapa pilihan penanganan yang bisa dilakukan meliputi psikoterapi dan pemberian obat-obatan. Namun, pemberian obat-obatan hanya dilakukan oleh dokter jika ada kondisi kesehatan mental tertentu yang timbul akibat star syndrome, seperti depresi.

Melalui psikoterapi, penderita star syndrome akan belajar untuk mengubah pola pikir dan persepsinya bahwa dia bukan pusat dunia dan semua orang punya peran masing-masing.

BACA JUGA:Sebelum Suntik Botox, Kamu Harus Tau Manfaat dan Efek Sampingnya

Sembari menjalani psikoterapi, seseorang yang mengalami star syndrome disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk dengan melakukan olahraga yang bisa membantunya lebih tenang, seperti yoga dan meditasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: