Kenali Faktor Penyebab Seluit dan Cara Menghilangkannya

Kenali Faktor Penyebab Seluit dan Cara Menghilangkannya

Kenali Faktor Penyebab Seluit dan Cara Menghilangkannya-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Penyebab selulit sangat beragam, mulai dari kebiasaan yang tidak sehat hingga hormon dalam tubuh yang berlebihan. Selulit sendiri merupakan salah satu masalah pada bagian permukaan kulit yang sering ditemui di panggul, paha, perut, pantat dan lengan.

Selulit pada permukaan kulit akan terlihat seperti garis garis yang pecah, atau juga seperti kulit jeruk. Hal ini karena selulit memutus ikatan antara kolagen dan elastin pada kulit. Penyebab selulit secara pastinya adalah karena adanya penumpukan lemak dibawah kulit yang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Penyebab Selulit yang Perlu Anda Ketahui

Selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menyambungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya. Tumpukan lemak ini mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menahannya. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang dan tidak rata.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami selulit:

1. Jenis kelamin

Walau bisa dialami oleh siapa saja, wanita lebih berisiko mengalami selulit dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh struktur jaringan ikat wanita yang lebih mudah terisi dan diregangkan oleh lemak.

BACA JUGA:Pahami Lebih Jelas Tentang Linea Nigra atau Garis Memanjang pada Perut Ibu Hamil

2. Hormon

Hormon juga merupakan salah satu penyebab selulit. Hormon estrogen, insulin, tiroid, prolaktin, dan noradrenalin adalah hormon yang berperan dalam terbentuknya selulit.

Pada wanita, hormon estrogen memiliki peran dalam mengatur penyimpanan lemak tubuh yang akan dibutuhkan selama masa kehamilan dan persalinan. Ini menyebabkan lemak secara alami menumpuk di payudara, paha, dan bokong.

Risiko seorang wanita mengalami selulit umumnya meningkat saat hormon estrogen sedang tinggi, misalnya saat hamil, menyusui, dan mengonsumsi pil KB dalam waktu yang lama.

Sementara itu, pada pria, hormon testosteron adalah hormon yang berperan dalam produksi selulit. Rendahnya hormon testosteron dapat membuat seorang pria lebih berisiko mengalami selulit

BACA JUGA:Selain Melembabkan Kulit, Ternyata Sabun Pepaya Miliki Banyak Manfaat, Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: