Rekomendasi Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Redakan Gejala Asam Urat

Rekomendasi Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Redakan Gejala Asam Urat

Rekomendasi Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Redakan Gejala Asam Urat-Foto: Ist-

PAGARALAMMPOS.COM - Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri yang menyakitkan dan rasa panas di area persendian.

Bagi para penderita asam urat, pengaturan makanan sangat dianjurkan agar jaringan sendi tetap berfungsi optimal hingga tua nanti. Tak hanya itu, penyesuaian makanan untuk penderita asam urat perlu dilakukan guna mencegah terjadinya serangan nyeri asam urat yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Melansir Health Line, penyebab penyakit asam urat adalah pembentukan kristal urat di jaringan tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi di sekitar sendi dan menghasilkan jenis arthritis yang menyakitkan. 

Penyakit asam urat atau gout paling sering terjadi akibat pola makan yang buruk, misalnya konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan dan daging merah. Agar penyakit ini bisa terkontrol, penderita asam urat harus menjaga pola makan, salah satunya konsumsi buah untuk asam urat.

Berbagai Pilihan Buah untuk Asam Urat

Buah untuk asam urat mengandung berbagai senyawa yang bersifat antiradang dan memiliki kadar purin rendah atau tidak ada sama sekali, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

BACA JUGA:Pertolongan Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Telinga Kemasukkan Serangga

Berikut ini adalah beberapa pilihan buah untuk asam urat yang bisa dikonsumsi penderitanya:

1. Ceri

Buah ceri memiliki warna merah tua karena mengandung antosianin. Senyawa ini bersifat antioksidan dan mampu mengurangi peradangan serta menurunkan kadar asam urat.

Berkat kandungannya tersebut, ceri sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

2. Stroberi

Kandungan vitamin C, mineral, serat, dan antioksidan di dalam stroberi membuat buah ini sering kali dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya asam urat.

Sebuah penelitian merekomendasikan stroberi sebagai buah untuk asam urat, karena memiliki efek serupa dengan buah ceri, yaitu menurunkan kadar asam urat. Khasiat ini juga berasal dari kandungan antosianin di dalamnya.

BACA JUGA:Waspadai Ciri-ciri Ambeien Berdasarkan Jenisnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: