Pertolongan Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Telinga Kemasukkan Serangga

Pertolongan Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Telinga Kemasukkan Serangga

Pertolongan Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Telinga Kemasukkan Serangga-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Telinga menjadi salah satu organ tubuh yang bisa dikatakan sensitif. Inilah mengapa, benda yang masuk ke dalam indera pendengaran ini bisa berdampak fatal. 

Selain mengakibatkan penyumbatan pada telinga, masuknya benda asing bisa mengakibatkan telinga mengalami iritasi dan mengganggu fungsi pendengaran.

Ketika memasuki telinga, semut bisa langsung mati. Namun, ada pula semut yang masih bertahan hidup di dalam organ pendengaran tubuhmu. 

Ketika hal ini terjadi, kamu akan merasakan beberapa gejala yang mungkin terasa mengganggu, misalnya gatal pada telinga, nyeri, hingga telinga berdengung atau tinnitus. Rasa nyeri pada telinga bisa terjadi karena gigitan semut yang merasa terancam di dalam telinga. 

BACA JUGA:Selain Penghilang Bau Badan, Tawas Juga Miliki Banyak Manfaat untuk Kulit Loh

Serangga biasanya masuk dan terperangkap di dalam telinga saat tidur atau ketika beraktivitas di luar ruangan. Begitu masuk ke telinga, serangga bisa mati, tetapi bisa juga hidup dan berpindah mencari jalan keluar.

Telinga yang kemasukan serangga bisa terasa sangat gatal atau bahkan menyakitkan. Meski tidak mengancam nyawa, Anda tetap perlu mengeluarkan serangga tersebut secepat mungkin agar rasa gatal dan nyeri hilang serta telinga tidak terinfeksi. 

Pada orang dewasa, telinga kemasukan serangga bisa terdeteksi dengan cepat karena dengungan dan gerakan yang dirasakan. Namun, gejala ini akan sulit dikenali secara cepat oleh anak-anak.

Jika Anda melihat anak Anda sering menggosok atau menggaruk telinganya dan menjadi rewel karena kesakitan, cobalah cek telinganya terlebih dahulu karena bisa saja ini merupakan tanda telinga kemasukan serangga.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Stretch Mark

Pertolongan Pertama Telinga Kemasukan Serangga

Agar tidak salah langkah atau bahkan memperburuk kondisi telinga, ikutilah beberapa tips mengeluarkan serangga dari telinga berikut ini:

1. Tetap tenang

Saat telinga kemasukan serangga, hal pertama yang penting dilakukan adalah tetap tenang. Panik tidak akan membuat serangga keluar dari telinga, tetapi justru membuat setiap langkah penanganan menjadi sulit dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: