Waspadai Ciri-ciri Ambeien Berdasarkan Jenisnya

Waspadai Ciri-ciri Ambeien Berdasarkan Jenisnya

Waspadai Ciri-ciri Ambeien Berdasarkan Jenisnya-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Bahaya ambeien sering kali dianggap remeh oleh penderitanya. Padahal ambeien yang dibiarkan berlarut-larut bisa makin membesar, bahkan pecah. 

Jika ambeien sampai pecah, dapat terjadi perdarahan yang bisa memicu anemia. Dan bukan hanya itu, masih ada bahaya ambeien lainnya yang juga perlu diwaspadai.

Pada tahap awal, ambeien memang sering tidak menimbulkan gejala apa pun. Beberapa orang mungkin hanya merasa tidak nyaman atau melihat ada tetesan darah saat buang air besar. Pada tahap lanjut, perdarahan akan semakin sering dan banyak, sampai menyebabkan anemia. Bila sudah anemia, penderita bisa terlihat pucat, merasa lemas, bahkan sesak napas.

Ambeien punya banyak julukan. Penyakit ini sering juga disebut sebagai wasir, dan dalam bahasa medis, disebut dengan hemoroid.

Ambeien adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah vena di anus dan area sekitarnya. Ada beberapa ambeien yang bisa terjadi. Ciri-ciri ambeien atau wasir yang muncul dapat berbeda pada tiap penderita, tergantung dari jenis yang dialaminya.

BACA JUGA:Selain Penghilang Bau Badan, Tawas Juga Miliki Banyak Manfaat untuk Kulit Loh

1. Ciri-ciri ambeien internal

Ambeien internal adalah ambeien yang terjadi di dalam anus. Umumnya, kamu tidak dapat melihat adanya benjolan atau merasakan gejalanya. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi saat buang air besar.

Ambeien internal jarang menimbulkan gejala. Namun, saat gejalanya muncul, kondisi ini bisa menyebabkan kamu sulit buang air besar dan mengalami iritasi di anus. Ambeien internal juga dapat menimbulkan gejala berupa:

- BAB berdarah, tanpa nyeri.

- Tonjolan ke luar anus, yang bisa menimbulkan iritasi dan nyeri saat buang air besar.

2. Ciri-ciri ambeien eksternal

Ambeien eksternal adalah ambeien yang terjadi pada kulit di sekitar anus. Jika dibandingkan dengan ambeien internal, gejala ambeien eksternal lebih sering muncul, dan dapat terlihat cukup jelas.

BACA JUGA:Cara Efektif Tambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: